Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Situs Freelance Lokal dan Internasional Terbaik untuk Cuan 2022 (Bagian 1)

cropped-digital-nomad.jpg

Topcareer.id – Selama wabah COVID-19, banyak perusahaan melakukan pengurangan jumlah karyawan dan memotong gaji pekerjanya.

Tidak jarang perusahaan yang masih enggan mengembalikan gaji karyawannya meskipun saat ini pandemi mulai mereda dan WHO menyatakan akhir pandemi sudah di depan mata.

Dengan demikian banyak pekerja yang terdampak baik yang di PHK maupun yang mengalami pemotongan gaji sampai waktu yang belum ditentukan mencari tambahan cuan di luar pekerjaan utama mereka dengan menjadi freelancer.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pekerja paruh waktu di Indonesia ada sebesar 26,94% pada Februari 2022.

Ini berarti, 27 dari 100 penduduk bekerja di Indonesia merupakan pekerja paruh waktu.

Melihat banyaknya minat pekerjaan freelance saat ini, Topcareer.id mencoba merangkum beberapa situs kerja freelance baik lokal maupun internasional yang bisa kamu coba.

Bagian pertama dari artikel

1) Projects.co.id
Situs ini termasuk dalam salah satu situs kerja freelance Indonesia paling terkenal.

Ada beragam jenis pekerjaan freelance di berbagai bidang pada situs ini, antara lain programming, desain, media sosial, audio/video, hingga jasa tulis menulis.

Selain itu dalam situs ini ada fitur jual-beli berbagai macam produk digital.

Jadi selain kamu bisa bekerja freelance, kamu juga bisa menjual berbagai produk digital karya kamu sendiri, seperti ebook, template website, atau produk digital lainnya.

Di Projects.co.id ada juga program Affiliate Referral. Kamu bisa mendapat cuan jika ada orang yang mendaftar ke Projects.co.id dan melakukan transaksi melalui link yang kamu bagikan.

2) Sribulancer
Situs yang satu ini juga berhasil masuk dalam kerja freelance Indonesia terpopuler.

Hampir sama dengan Projects.co.id, ada bermacam-macam jenis pekerjaan di sini. Pembuatan website, desain grafis, penulisan artikel, ada semua.

Sribulancer juga situs freelance pertama yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank. Jadi, bakalan cocok untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit.

Ada beberapa jenis pembayaran di Sribulancer, seperti dalam mata uang USD ataupun IDR, sebab situs ini tersedia dalam Bahasa Inggris untuk dunia Internasional.

3) Sribu
Sribu merupakan situs freelance Indonesia yang masih berada dalam satu manajemen dengan Sribulancer.

Situs ini berbeda dengan Sribulancer yang menawarkan berbagai macam jasa freelance, Sribu hanya berfokus pada penawaran kerja freelance desain grafis.

Website freelance ini sangat cocok bagi kamu Graphic Designer pemula maupun yang sudah expert.

Jenis pekerjaan desain yang ada di sini pun sangat beragam. Mulai dari yang “simple” seperti desain logo, hingga yang rumit seperti desain interior.

Uniknya di website Sribu ada sistem kontes, jadi kamu yang berminat bisa ikut serta untuk memasukkan karya kamu kepada pemilik suatu proyek untuk memenangkan tender.

Tentunya ini bisa menambah portofolio kamu. Bahkan, saat kamu memenangkan kontes, tak hanya menang tender dengan klien, kamu juga bisa dapat hadiah menarik dari Sribu.

Baca juga: Freelance tidak Selalu Enak! Ini Kerugian yang Kamu Harus Tahu

4) Writer Access
Sesuai dengan namanya, Writer Access merupakan salah satu situs freelance yang terfokus pada pekerjaan sebagai penulis lepas atau freelance writer.

Di sini kamu bisa menemukan beragam pekerjaan terkait dunia tulis menulis. Misalnya, menulis artikel, studi kasus, laporan ilmiah dan masih banyak lainnya.

Ada juga bermacam-macam tools yang ditawarkan Writer Access seperti optimasi keyword, content planner, dan analytics untuk membantu kamu bekerja lebih efisien dan berkualitas.

5) Fiverr
Mungkin kamu sudah pernah mendengar website internasional untuk bekerja freelance ini.

Ya, Fiverr termasuk salah satu website kerja freelance terpopuler di dunia.

Unikknya, cara kerja di Fiverr berkebalikan dengan kebanyakan website freelance lainnya. Di Fiverr kamu sendirilah yang membuat pengumuman untuk mencari klien.

Sementara di situs freelance lain biasanya klien yang membuat pengumuman untuk mencari pekerja freelance.

Nah, keuntungannya kamu jadi tidak perlu repot-repot untuk apply atau promosi pada pengumuman yang dibuka oleh klien satu per satu.

Kamu cukup membuat pengumuman tentang pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan dan tinggal menunggu saja untuk mendapatkan klien yang sesuai.

Di Fiverr kamu tidak perlu khawatir mengenai penipuan ataupun kebocoran data pribadi. Sistem keamanan data Fiverr sudah canggih.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan