Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Situs Freelance Lokal dan Internasional Terbaik untuk Cuan 2022 (Bagian 2)

Sumber foto: thriveglobal.comSumber foto: thriveglobal.com

Topcareer.id – Selama wabah COVID-19, banyak perusahaan melakukan pengurangan jumlah karyawan dan memotong gaji pekerjanya.

Tidak jarang perusahaan yang masih enggan mengembalikan gaji karyawannya meskipun saat ini pandemi mulai mereda dan WHO menyatakan akhir pandemi sudah di depan mata.

Dengan demikian banyak pekerja yang terdampak baik yang di PHK maupun yang mengalami pemotongan gaji sampai waktu yang belum ditentukan mencari tambahan cuan di luar pekerjaan utama mereka dengan menjadi freelancer.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pekerja paruh waktu di Indonesia ada sebesar 26,94% pada Februari 2022.

Ini berarti, 27 dari 100 penduduk bekerja di Indonesia merupakan pekerja paruh waktu.

Melihat banyaknya minat pekerjaan freelance saat ini, Topcareer.id mencoba merangkum beberapa situs kerja freelance baik lokal maupun internasional yang bisa kamu coba.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

6) Upwork
Dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien, Upwork terkenal sebagai website freelance terbesar di dunia maya.

Tentunya dengan angka fantastis tersebut kamu bisa menemukan banyak peluang kerja freelance di sini.

Sistem pembayaran di Upwork bisa berupa hitungan per jam ataupun per proyek. Jadi, ini bisa memberikan fleksibilitas baik untuk kamu sebagai pencari kerja maupun para pencari jasa.

Di Upwork juga ada berbagai fitur yang akan mendukung perjalanan karier freelance kamu seperti collaborative space dan pembuatan invoice.

7) Toptal
Toptal adalah situs web freelance yang menghubungkan para pekerja freelance yang berkualifikasi tinggi dengan perusahaan.

Ada beragam jenis pekerja lepas, mulai dari pengembang web dan perancang web hingga konsultan keuangan serta manajer produk.

Mendaftar ke Toptal sebagai pekerja lepas membutuhkan lima langkah proses penyaringan, dari evaluasi bahasa Inggris yang komprehensif hingga penilaian proyek.

Setelah melewati semua langkah, kamu akan memiliki akses ke berbagai lowongan pekerjaan dari klien dan perusahaan top dunia.

Toptal memiliki layanan khusus untuk pelacakan waktu dan faktur yang disebut TopTracker.

Dengan layanan ini, freelancer akan mendapatkan total harga yang mereka tawarkan dan menerima pembayaran melalui Payoneer, Paypal, atau transfer bank lokal langsung.

8) Jooble
Jooble adalah mesin pencari untuk lowongan pekerjaan freelance dan dikumpulkan dari 140.000+ sumber di seluruh dunia.

Keuntungan signifikan menggunakan Jooble adalah kamu tidak perlu memeriksa dashboard pekerjaan online dan platform lepas, karena Jooble memusatkan proses menemukan peluang freelance.

Jooble memungkinkan kamu menemukan pekerjaan di wilayah tertentu. Di beranda, kamu bisa memilih kota tertentu di suatu negara untuk menemukan pekerjaan yang terbatas pada area tersebut.

Karena Jooble adalah agregator, memilih hasil pencarian akan mengarahkanmu ke sumber lowongan pekerjaan.

Di sana, kamu akan menemukan detail lebih lanjut tentang pekerjaan itu dan cara melamarnya.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Keuntungan jadi Freelancer

9) Freelancer.com
Freelancer.com adalah situs web lepas lain di mana para profesional dan perusahaan dari seluruh dunia berkolaborasi dalam berbagai proyek.

Kamu bisa mendaftar sebagai freelancer atau pemilik bisnis. Mendaftar sebagai freelancer akan meminta Anda untuk mengisi formulir pendaftaran singkat.

Berikan informasi terperinci, termasuk keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja.

Selain proyek, ada banyak kontes seperti karya visual atau desain. Freelancer dapat mengambil manfaat dari kontes ini dengan menghasilkan uang.

Setiap freelancer akan menerima pembayaran penuh setelah menyelesaikan pekerjaan.

Platform ini akan mengambil 10% dari total penghasilan kamu untuk kontes dan proyek tetap.

Seperti kebanyakan situs freelance internasional lain, kamu bisa memilih metode pembayaran menggunakan PayPal atau transfer bank untuk penarikan.

10) Flexjobs
Flexjobs adalah situs web yang mengkhususkan diri dalam peluang kerja yang fleksibel dan jarak jauh, termasuk pekerjaan freelance, paruh waktu, dan penuh waktu.

Ada kategori yang luas, dari pendidikan dan pelatihan hingga jurnalisme dan pekerjaan menulis.

Flexjobs memastikan setiap pekerjaan yang terdaftar di situs web ini adalah sah.

Situs ini memverifikasi dan menyaring semua lowongan freelance, menyaring penipuan, dan juga menyaring perusahaan palsu.

Berbeda dengan situs pekerjaan online lainnya, situs web freelance Flexjobs tidak menampilkan iklan apa pun di halamannya.

Untuk menemukan pekerjaan freelance, pengguna perlu mendaftar untuk berlangganan.

Ada empat paket yang tersedia, mulai dari $6,95/minggu. Setiap langganan memberikan akses tak terbatas ke daftar pekerjaan bersama dengan portofolio pekerjaan yang dipersonalisasi, saran karier, dan pengujian keterampilan gratis.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan