Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Sosok

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Dok/TempoDok/Tempo

Topcareer.id – Ketua Dewan Pers sekaligus cendekiawan muslim dan mantan rektor UIN Jakarta, Azyumardi Azra meninggal dunia pada usia 67 tahun, hari Minggu (18/9/2022) di Malaysia.

Orang Indonesia pertama peraih gelar “Sir” Pada 2010 dari Kerajaan Inggris itu dikabarkan sempat mengalami serangan jantung di pesawat dalam perjalanannya menuju Malaysia dari Jakarta.

Azyumardi akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia setelah menjalani serangkaian perawatan intensif akibat serangan jantung yang dialaminya.

Dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM), Azyumardi pergi ke Malaysia, ia juga bertujuan akan menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui akun Twitter-nya mengonfirmasi wafatnya Azyumardi Azra.

“Kita sungguh kehilangan atas meninggalnya Prof Dr Azyumardi Azra di Malaysia. Beliau ke Negeri Jiran dalam perjalanan berbagi ilmu sehingga terkategori sahid di jalan Allah,” tulis Haedar di twitnya, Minggu (18/9).

Pernah menerima gelar “Sir” dari Kerajaan Inggris
Alamrhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra semasa hidupnya pernah menerima gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris.

Gelar tersebut memberinya hak penuh untuk mencantumkan gelar “Sir” di depan namanya dan gelar CBE di belakang namanya.

Gelar yang diberikan kepada seseorang dari Kerjaan Inggris, tingkat tertingginya yaitu “pahlawan” atau Knighthood of the Order of British (KBE), kemudian di bawahnya ada CBE, OBE, dan yang paling rendah “anggota” atau Member of the Order of British (MBE).

Hebatnya Azyumardi Azra saat itu meraih gelar CBE di atas pesepak bola dunia legendaris asal Inggris David Beckham yang juga pernah menerima gelar dari Kerajaan Inggris dengan Officer of the Order of British Empire (OBE).

Gelar OBE yang dimiliki Beckham masih berada di bawah tingkat gelar CBE yang diperoleh Azyumadi Azra.

Selain menjadi orang pertama asal Indonesia pertama yang meraih gelar CBE, gelar tersebut saat itu hanya diberikan kepada warga Inggris atau warga negara persemakmuran bekas jajahan Inggris.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Reaksi Para Pemimpin Dunia

Prestasi Azyumardi Azra
Gelar CBE dari Kerajaan Inggris yang diperoleh almarhum Ketua Dewan Pers tersebut memang sangat membanggakan bagi Indonesia, namun ternyata beliau juga pernah mendapat penghargaan The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe kala itu menyampaikan bahwa Azyumardi Azra telah memberikan banyak kontribusi penting yang mampu meningkatkan pertukaran akademis dan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia.

Sehingga diputiskanlah Azyumardi Azra layak untuk menerima salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Jepang kepada tokoh dari luar Jepang.

Penghargaan itu langsung diberikan kepada Azyumardi Azra oleh Kaisar Akhihito di Istana Imperial Tokyo, Jepang pada 8 November 2017 silam.

Dua dari penghargaan tertinggi dari Inggris dan Jepang telah menjadi bukti nyata kontribusi penting Azyumardi Azra untuk Indonesia bahkan dunia. Selamat jalan, Prof Azra!

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan