Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Ampuh Menghemat Uang selama Pencarian Kerja (Bagian 1)

cropped-iStock-939795046-1interview.jpg

Topcareer.Id – Semua hal membutuhkan biaya, termasuk mencari kerja. Ini sudah pasti akan terdengar sedikit buruk bagi kamu yang saat ini sudah terlanjur berhentu kerja, dan sedang berjuang mendapatkan pekerjaan baru.

Bahkan, menurut Survei CareerBuilder, 27% pencari kerja di AS mengeluarkan biaya selama pencarian kerja hingga lebih dari Rp 3 jutaan. Angka ini mencakup pakaian (39%), transportasi (22%), dan perjalanan (21%).

Kabar baiknya, semua biaya itu bisa kita tekan semurah mungkin, dengan strategi pencarian kerja yang baik. Semua ini akan semakin mudah jika kamu mencari pekerjaan di kota tempatmu tinggal, dengan segala persiapan yang sudah lengkap, mulai dari CV hingga pakaian untuk wawancara.

Namun, bagaimana kalau kamu harus pergi ke kota lain untuk mendapatkannya? Cobalah untuk menyikapinya dengan cerdik, lewat sejumlah tips berikut ini:

Bagian pertama dari artikel.

Organisir semuanya dengan baik
Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang selama pencarian kerja, adalah mengorganisir semua kebutuhan kamu. Mulai dari daftar lowongan yang harus dicoba, dokumen-dokumen yang diperlukan, jadwal dan lokasi wawancara, serta lain-lain.

Tenang saja, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk aplikasi dan sejenisnya untuk melakukan ini. Kamu bisa melakukannya dengan apa yang tersedia di sekelilingmu. Contohnya fitur catatan dan google drive di handphone kamu, hingga ke hal-hal yang lebih canggih seperti Excel, Word dsb.

Pastikan semuanya sudah ada dalam jangkauanmu, sehingga tidak ada keperluan mendadak yang akhirnya membuatmu harus mengeluarkan uang karena keterbatasan waktu.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Saat Panel Interview

Meminjam
Kamu tentu perlu pakaian yang baik dan tepat untuk meyakinkan pewawancara, bahkan jika wawancara dilakukan secara online. Tergantung pada budaya perusahaan, ini bisa berarti apa saja, mulai dari pakaian kasual hingga setelan bisnis dan sepatu formal.

Nah, kalau kamu belum memiliki apa yang kamu perlukan, setop berpikir kalau kamu harus membelinya. Cobalah tanya ke keluarga atau teman dekatmu, apakah mereka punya pakaian yang sesuai, yang bisa kamu pinjam.

Kalau tak bisa menemukan apapun untuk dipinjam, cobalah cari pakaian murah di ranah online, atau toko-toko baju bekas. Ini mungkin membutuhkan sedikit kesabaran, tapi kamu akan terkejut saat bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau.

Hindari biaya perjalanan yang terlalu besar
Salah satu pengeluaran terbesar untuk wawancara kerja di luar kota adalah perjalanan dan akomodasi.

Beberapa hal seperti tiket pesawat, tiket kereta api, bensin, sewa mobil, dan reservasi hotel bisa menghabiskan tabungan uangmu dengan cepat. Kamu mungkin harus membayar ratusan ribu atau bahkan jutaan, bahkan sebelum kamu berhasil menginjakkan kaki di kantor perusahaan.

Untuk mengakali hal ini, mungkin kamu bisa bernegosiasi dengan pewawancara tentang siapa yang akan membayar tiket, atau menawarkan wawancara yang lebih mudah melalui online.

Jika memang tidak bisa, cobalah cari alternatif tiket termurah namun aman yang bisa kamu dapatkan. Pikirkan juga apakah kamu harus menginap, atau bisa langsung pulang untuk menghemat biaya penginapan.

Ingat! Hanya keluarkan uang lebih saat kamu sudah 80% yakin kalau kamu sudah pasti diterima kerja.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan