Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Ampuh Menghemat Uang selama Pencarian Kerja (Bagian 2)

Ilustrasi interview kedua.

Topcareer.Id – Semua hal membutuhkan biaya, termasuk mencari kerja. Ini sudah pasti akan terdengar sedikit buruk bagi kamu yang saat ini sudah terlanjur berhentu kerja, dan sedang berjuang mendapatkan pekerjaan baru.

Bahkan, menurut Survei CareerBuilder, 27% pencari kerja di AS mengeluarkan biaya selama pencarian kerja hingga lebih dari Rp 3 jutaan. Angka ini mencakup pakaian (39%), transportasi (22%), dan perjalanan (21%).

Kabar baiknya, semua biaya itu bisa kita tekan semurah mungkin, dengan strategi pencarian kerja yang baik. Semua ini akan semakin mudah jika kamu mencari pekerjaan di kota tempatmu tinggal, dengan segala persiapan yang sudah lengkap, mulai dari CV hingga pakaian untuk wawancara.

Namun, bagaimana kalau kamu harus pergi ke kota lain untuk mendapatkannya? Cobalah untuk menyikapinya dengan cerdik, lewat sejumlah tips berikut ini:

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Coba situs pencarian kerja gratis terlebih dahulu
Mesin pencari pekerjaan dan papan pekerjaan adalah sumber daftar yang berguna bagi banyak pencari kerja. Kabar baiknya, banyak situs versi gratis yang bisa kamu gunakan.

Fokuskan bagian online pencarian pekerjaan kamu di situs gratis ini terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk berlangganan bulanan. Cobalah beberapa situs pekerjaan terbaik untuk melihat mana yang memberikan peluang paling banyak, yang sesuai dengan minat kamu.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Saat Panel Interview

Tingkatkan kemampuan kamu secara gratis
Jika kamu telah mencari pekerjaan untuk sementara waktu dan masih belum beruntung, mungkin sudah waktunya untuk menambahkan beberapa keterampilan baru ke resume kamu.

Tenang, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah yang besar untuk melakukannya. Setelah kamu menentukan keterampilan mana yang perlu kamu pelajari, cobalah cari kelas online gratis melalui organisasi seperti Coursera atau edX.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang program pelatihan, magang, atau sertifikasi? CareerOneStop adalah pusat karier dan pelatihan Departemen Tenaga Kerja AS, dengan tautan ke sumber daya yang dapat membantu.

Beberapa platform lain juga menyediakan pelayanan yang serupa, jadi jangan lelah untuk mencari ya.

Hematlah uang saat menggunakan teknologi
Masih soal online, beberapa pencari tenaga kerja belakangan mulai fokus mencari Sumber Daya Online (SDM) melalui online. Jadi ini mungkin waktunya buat kamu untuk bisa lebih hemat, dengan meninggalkan dokumen berbentuk fisik, dan mulai memanfaatkan semua tawaran layanan gratis dari ranah online.

Kabar buruknya, kamu mungkin akan butuh biaya listrik internet untuk melakukan beberapa hal besar seperti membuat dokumen, daftar ke website pencari kerja, masuk ke job fair online, hingga membalas email dan melakukan wawancara online.

Untuk mengatasi ini, cobalah manfaatkan promo paket yang ditawarkan beberapa provider. Gunakan juga semuanya seperlunya agar kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang kala mencari pekerjaan. Semoga bisa diterapkan ya, dan bisa lekas mendapatkan pekerjaan baru. Amin.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan