Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

4 Aturan Ini Mungkin Tak Populer, tapi Bisa Membuatmu Kaya Raya

Ilustrasi orang kaya. (source: Yahoo Finance)

Topcareer.id – Untuk menjadi orang kaya tidak hanya tahu cara bagaimana menghasilkan uang. Tapi, kamu juga harus tahu cara melipatgandakannya dan kapan kamu harus serta tidak boleh membelanjakan sesuatu.

“Butuh 20 tahun percobaan dan kesalahan sebelum saya mencapai kekayaan bersih jutaan dolar. Saya harus menerapkan disiplin yang luar biasa dan menginvestasikan uang sebanyak mungkin ke dalam aset yang menghasilkan pendapatan,” kata Grant Cardone, CEO Cardone Capital yang juga penulis buku terlaris “The 10X Rule,” mengutip laman CNBC Make It.

Sekarang, Grant memperoleh pendapatan dari 18 perusahaan yang ia mulai, dan 12.000 unit apartemen yang ia miliki dengan pendapatan pasif. Ia lantas berbagi empat aturan uang dan pengeluaran yang tidak populer yang ia ikuti, di usia muda, yang membantunya menjadi kaya.

1. Jangan melakukan pembelian dalam jumlah besar kecuali kamu telah menghemat 2x harga

“Segera setelah beberapa teman saya mulai mendapatkan lebih banyak uang, mereka akan menghadiahi diri mereka sendiri dengan mobil mewah, perahu, dan perjalanan ke Paris,” kata Grant.

Tetapi, ia tak melakukan hal itu dan menetapkan aturan untuk dirinya sendiri: Untuk membeli jam tangan yang mahal atau bahkan rumah, ia harus menabung dua kali lipat harga jam tangan atau rumah tersebut.

“Hal ini membuat saya tidak membelanjakan sesuatu secara berlebihan, sekaligus memberi saya waktu untuk mempertimbangkan apakah saya benar-benar membutuhkannya,” tulisnya.

Dibanding menggunakan uang tunai untuk pembelian satu kali dalam jumlah besar yang punya efek terbatas pada kualitas hidup, fokuslah untuk menempatkan penghasilan demi meningkatkan bisnis.

2. Jangan membeli apapun yang sebenarnya bisa kamu sewa

Saat bekerja dengan caranya untuk menjadi jutawan, satu-satunya barang besar yang akan ia beli adalah yang dapat meningkatkan arus kasnya, seperti properti komersial yang bisa disewakan.

Baca juga: Tingkat Kesuksesan Finansial Menurut Zodiak Kamu (Bagian 2)

“Saya tidak pernah membeli apa pun yang dapat saya sewa — seperti tempat tinggal utama atau mobil — sehingga saya dapat menghindari pembayaran bulanan yang lebih tinggi dan biaya pemeliharaan yang terkait dengan kepemilikan,” ujarnya.

Pada tahun 2012, ia mencontohkan bahwa dirinya menjual rumah dan tinggal di rumah sewa selama hampir 10 tahun. Ini membebaskan lebih banyak uang baginya untuk diinvestasikan ke dalam real estat yang menghasilkan uang. “Setelah saya menabung dalam jumlah besar, saya membeli rumah dengan uang tunai,” ucap dia.

3. Jangan menghabiskan uang untuk mengesankan orang lain

“Tujuan saya selalu menciptakan warisan kekayaan generasi untuk keluarga saya. Itu lebih penting bagi saya daripada membeli barang-barang yang tidak saya butuhkan,” ucap Grant.

Jadi, bahkan ketika ia mampu membeli sesuatu, ia tidak membelinya hanya untuk mengesankan rekan-rekannya. Sebaliknya, ia berinvestasi pada tingkat yang lebih tinggi dan membangun kekayaannya secara pribadi.

4. Hanya habiskan penghasilan pasifmu

“Jika saya memperoleh USD100,000 setahun dari pekerjaan saya dan USD20,000 setahun dalam pendapatan pasif, saya akan mencoba untuk hanya menghabiskan USD20,000 untuk hal-hal di luar biaya hidup dasar saya,” kata Grant.

Ia menyampaikan, semua aturan ini membutuhkan banyak disiplin, dan mungkin tidak untuk semua orang. Kadang-kadang, katanya, ia bertanya-tanya mengapa ia bekerja begitu keras tetapi tidak dapat menikmati hasil kerjanya.

“Tetapi karena saya mematuhi aturan ini selama dua dekade, saya telah berhasil melewati beberapa resesi besar dan pandemi global,” ujar Grant.

Tinggalkan Balasan