Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Kerja Nyantai Sambil Main Sama Kucing, TKI di AS Dapat Bayaran Besar

Daden berprofesi sebagai penjaga rumah (house sitter) dan pengurus kucing (cat sitter) (foto: VOA/dokumen pribadi).

Topcareer.id – Memang kadang, pekerjaan atau profesi di luar negeri, terasa asing dan ‘aneh’ bagi kacamata orang Indonesia. Misal, ada yang dibayar untuk tidur di kasur demi mencoba kehangatan produk kasur atau pencicip permen. Yang terbaru, dibayar untuk bersantai sambil bermain dengan kucing.

“Enak banget sih sebetulnya sebab engak ngapa-ngapain. Datang, tidur,” kata Daden, Tenaga Kerja Indonesia yang berprofesi penjaga rumah (house sitter) sekaligus pengasuh kucing (cat sitter), dikutip dari laman resmi Voice of Indonesia (VOA), Kamis (22/9/2022).

Menurut definisinya, house sitter adalah orang yang dipercaya menjaga rumah agar tidak dimasuki maling selagi pemiliknya pergi.

Mereka juga membersihkan rumah, menyiram tanaman, memastikan surat-surat tidak menumpuk di kotak surat, dan, yang terpenting, mengurusi hewan peliharaan. Berapa lama mereka bertugas?

“Beda-beda. Ada yang minta dua minggu. Ada yang seminggu. Kadang-kadang sebulan,” ujar Daden.

Dan pendapatan yang Daden terima untuk jasa tersebut, bukan jumlah yang kecil. Tebak berapa?

“Jaga rumah itu kan enggak ditentuin. Kita enggak kasih harga ke mereka. Cuma, mereka kasih paling kecil 50 (dolar) semalam. Kadang-kadang ada yang 75, ada yang ngasih 100 semalam.”

Jumlah itu ternyata di luar uang makan. Pemilik rumah kerap menyiapkan bahan pangan, aneka permainan, dan akses ke hiburan di TV supaya house sitter tidak bosan.

Bagaimana kalau ada hewan peliharaan yang harus diurus?

Dade menambahkan jika ada binatang yang harus diurus, maka bayaran atas jasanya akan diberikan lebih. “Karena, kalau binatang kan ekstra,” tukas Daden.

Baca juga: Tokopedia Dinobatkan Jadi Tempat Kerja Terbaik Di Asia Pasifik Tahun 2022

Lantas apa saja tugas Daden sebagai cat sitter? Daden mengungkapkan, cuku memberikan makan sesuai diet, pastikan tempat makan dan air minum ada isinya, dan bersihkan kotoran. Tidak sampai satu jam, tugas tuntas.

Susie Jaiman memberi jasa sebagai cat sitter. Ia mengurusi kucing yang sehat maupun yang sakit dengan… “(menyediakan) Makannya kucing, buang kotorannya, sediakan obatnya, dan memvakum pasir yang berserak,” ujarnya.

Tugas itu diselesaikan Susie dalam 30 menit. Dalam 10 kali kerja, dia menerima rata-rata USD500 atau USD100 per jam. Beberapa kali, ia menerima lebih dari itu.

“Asalkan kita sayang kucing dan tidak keberatan membersihkan kotoran, ini pekerjaan gampang dengan bayaran yang lumayan,” kata Susie yang menyediakan jasa ini sebagai pekerjaan sambilan.

Profesi ini, menurut Daden, tidak menuntut keterampilan khusus. Modalnya adalah kepercayaan dan rekomendasi berantai dari klien yang puas atas jasa mereka. Yang pasti, kata Daden, harus jujur. Dia menambahkan, dia tidak akan bermuka masam walau sedang ada masalah, dan memberi jasa ekstra untuk bersih-bersih.

Ketika si empunya rumah pulang dan mendapati rumah bersih, tanaman terawat dan hewan peliharaan sehat, mereka tidak segan memberi bonus. Pada hari-hari besar, bonus mereka pun besar.

Menurut Zippia.com, situs pencari dan perekrut tenaga kerja, house sitter rata-rata dibayar USD27 per jam atau hampir USD52 ribu per tahun. Situs lain, Ziprecruiter.com, mencatat sampai 12 September 2022, gaji house sitter di negara bagian Maryland saja rata-rata lebih dari USD68 ribu per tahun atau hampir USD33 per jam.

Tinggalkan Balasan