Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Memanfaatkan Facebook untuk Membangun Networking (Bagian 1)

FecbookFacebook.

Topcareer.Id – Apakah kamu masih menggunakan Facebook untuk curhat atau sekadar mengunggah postingan-postingan yang mudah terlupakan? Jika iya, mungkin ini saatnya menghapus semua keberisikan itu, dan memanfaatkan Facebook untuk keperluan karier kamu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah membangung networking yang kuat di sana.

Memang, Facebook bukan Linkedin. Namun menurut data dari Desember 2021, platform ini memiliki 1,93 miliar pengguna aktif harian, dan 2,91 pengguna aktif bulanan.

Terbayang bukan, ada berapa banyak kandidat networking spesial, yang bisa membantu meroketkan karier kamu?

Kabar baiknya lagi, Facebook cenderung disukai oleh orang yang lebih tua. Sebuah studi mengungkapkan bahwa Facebook lebih populer di kalangan mereka yang berusia 30 tahun-65 tahun, daripada orang yang berusia di bawah 30 tahun.

Oleh karena itu, menggunakannya untuk jaringan profesional adalah proses yang lebih terarah.

Dengan Facebook, kamu dapat membuat halaman acara, penggalangan dana, widget, dan alat untuk aplikasi lain yang tak terhitung jumlahnya. Ekspansi Facebook pada bagian pekerjaan dan pendidikan, serta segudang fitur baru termasuk video live, juga telah memikat para profesional.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Facebook untuk membangun jaringan karier yang kuat? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba.

Baca juga: Pengin Harimu Lebih Produktif? Lakukan Hal Ini Setelah Bangun Tidur

Bagian pertama dari artikel.

Buat batasan antara Jejaring Sosial dan Profesional
Batas antara jejaring sosial dan profesional bisa menjadi kabur, dan mengetahui ini sangat penting untuk menjaga citra kamu di hadapan keluarga, teman, maupun jejaring profesionalmu.

Jika kamu berhati-hati dengan apa yang kamu bagikan, dan menggunakan koneksi kamu dengan bijak, media sosial dapat menjadi alat yang sangat baik untuk membangun karier kamu.

Pengguna Facebook, yang menggunakan platform untuk tujuan pribadi dan profesional, harus memilah konten mana yang cocok untuk dilihat oleh calon klien, pemberi kerja, mitra bisnis, atau teman dan keluarga kamu.

Kamu dapat membatasi akses ke konten kamu, dengan menyesuaikan pengaturan privasi yang kamu miliki.

Buat Profilmu menjadi Terlihat Profesional
Pastikan profil Facebookmu nampak sederhana, namun mampu menyampaikan pesan yang sesuai tentang personal branding kamu. Entah itu sebagi seorang pelajar, eksekutif pertengahan karier, atau pebisnis. Pastikan gambar profil kamu berkualitas tinggi dan profesional.

Follow (dan jika bisa bertemanlah) dengan Para Pemimpin Bisnis
Mulailah berteman atau mengikuti akun para pemimpin bisnis, dan akun-akun yang berisi pemikiran di bidang yang kamu minati.

Bergabunglah juga dengan komunitas dan grup, yang berisikan informasi industri, area bisnis, di ranah yang kamu geluti. Rajinlah berkomentar dengan wawasan yang baik. Ini bisa mengarah pada pembangunan hubungan.

Postingan yang Bijaksana dan Keterlibatan yang Bermakna
Posting konten yang bijaksana di profilmu dan berinteraksilah dengan anggota kelompok lain di grup untuk membangun eksistensi kamu.

Cobalah promosikan dan personalisasikan personal branding kamu, dengan memposting artikel informatif, foto dan video yang menginspirasi, yang bisa memberi rasa keterlibatan dengan audiensmu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan