Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ciri-Ciri dan Pekerjaan yang Cocok untuk Orang dengan Otak Kanan

Ilustrasi otak kanan. (Pexels)

Topcareer.id – Banyak topik yang membahas soal orang dengan otak kanan dan otak kiri dan membuat beberapa kesimpulan tentang kecenderungan masing-masing dari mereka. Mungkin kamu pernah dengar, salah satu kesimpulannya bahwa orang berotak kanan lebih kreatif dan berpikir out of the box.

Kamu mungkin telah membayangkan orang berotak kanan adalah mereka yang cocok bekerja menjadi seorang seniman, musisi, atau penulis. Tapi pekerjaan itu bukan satu-satunya jenis pekerjaan yang mereka kuasai.

Ketika membahas orang yang berotak kiri dan berotak kanan, bukan berarti orang tersebut hanya menggunakan bagian otaknya saja. Itu tidak mungkin karena kita menggunakan kedua belahan otak untuk beroperasi dalam kehidupan. Namun, itu berarti bahwa orang tersebut lebih bersandar pada karakteristik dan sifat yang terkait dengan bagian otak itu.

Mengutip Ladders, orang yang berotak kanan cenderung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Ekspresif
Emosional
Kreatif
Musikal
Kemampuan membaca orang lain
Artistik
Imajinatif
Intuitif
Cerdas secara emosional
Pemikir holistik
Melihat gambaran besarnya
Inovatif
Pengkhayal

Ciri-ciri utama orang berotak kanan adalah kreativitas, intuisi, dan emosionalitas. Dipasangkan dengan karir yang tepat, mereka bisa menjadi aset yang luar biasa.

Pekerjaan ideal untuk orang berotak kanan

Beberapa pekerjaan akan lebih cocok dengan individu berotak kanan karena cara mereka melihat masalah. Mereka lebih banyak menggunakan sisi kreatif otak mereka, menjadikannya ideal untuk berbagai posisi.

Baca juga: Mau Interview Video? Baiknya Pakai Baju Warna Putih Atau Abu-Abu

Animator

Pekerjaan seorang animator tentu dipenuhi dengan kreativitas. Animator dapat menggunakan keterampilan mereka untuk menggambar, bercerita, dan menjadi artistik melalui kreasi mereka. Animator dapat membuat video untuk hiburan, hingga konten pendidikan.

Menjadi seorang animator jelas merupakan bidang yang bagus untuk dimasuki oleh orang-orang berotak kanan. Jika kamu salah satu dari orang-orang ini, pekerjaan itu menawarkan kebebasan untuk memanfaatkan kreativitasmu.

Desainer grafis

Desainer grafis juga bergerak di bidang seni. Mereka membantu perusahaan mengembangkan identitas brand mereka dengan membuat logo, mengembangkan brosur, membuat desain situs web, dan banyak lagi.

Mereka harus mahir menggunakan warna dan bentuk dan memadukannya menjadi sebuah ide. Tujuan mereka adalah membuat citra perusahaan menonjol. Terkadang desainer grafis mungkin menggunakan tekstur untuk meningkatkan minat pada logo.

Psikolog

Psikolog bekerja dengan menghadapi orang satu demi satu secara personal, mendengarkan masalah mereka. Sangat penting bagi psikolog untuk berempati sehingga pasien mereka merasa nyaman membuka diri tentang masalah mereka.

Orang berotak kanan sempurna untuk posisi ini karena mereka dapat membaca orang lain dan ekspresif dalam umpan balik emosional mereka.

Arsitek

Arsitek jelas memiliki peran yang jauh lebih kreatif dalam proyek pembangunan. Mereka tidak hanya menentukan ukuran dan struktur bangunan. Mereka memastikan tempat yang nyaman, fungsional, dan indah dipandang mata. Arsitek juga mendesain lebih dari sekedar bangunan.

Mereka dapat mengembangkan ruang terbuka, seperti taman rekreasi yang indah atau lapangan golf yang rimbun. Tujuan seorang arsitek adalah untuk membuat ruang fungsional dan estetis.

Leave a Reply