Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Desember 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kulit Berminyak Gampang Jerawatan? Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Berlebihan

llustrasi muka berjerawat. (Pexels)

Topcareer.id – Jika kamu memiliki kondisi kulit yang berminyak, mungkin kamu harus lebih berhati-hati, karena kondisi kulit ini bisa memicu munculnya jerawat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan. Karena ada beberapa jenis makanan tertentu yang membuat wajah makin berminyak.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya, Neny Triastuti yang juga Dokter Kecantikan menjelaskan bahwa ada 6 makanan yang bisa memicu kulit menjadi berminyak. Berikut ini ulasannya.

1. Garam

Neny mengatakan, mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata. Garam juga dapat menyebabkan peningkatan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam.

“Untuk itu, batasi asupan garam dengan menghindari makanan olahan yang mengandung garam tingkat tinggi dan hindari menambahkan garam ekstra ke makanan,” kata Neny dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Kamis (29/9/2022).

2. Daging merah

Menurut Neny, daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan peradangan pada kulit. Peradangan yang berlebihan ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Seseorang bisa membatasi asupan lemak jenuh dengan mengalihkan konsumsi daging merah ke unggas atau ikan.

3. Biji-bijian olahan

Neny menambahkan, tepung olahan mengalami kehilangan serat, mineral, antioksidan, lemak, protein, vitamin, dan karbohidrat penting lainnya saat diproses. Tepung putih olahan yang biasa ditemukan dalam roti, kue, sereal, pasta, dan nasi diyakini menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah.

“Ini akan menghasilkan insulin yang lebih tinggi dalam aliran darah, dan akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit,” ujar Neny.

Menurut Neny biji-bijian utuh dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk tepung putih olahan. Konsumsi beras merah, quinoa, dan pasta dari biji-bijian utuh akan memberi asupan serat tingkat tinggi yang akan menjaga kadar gula darah stabil dan menyeimbangkan produksi minyak.

4. Makanan pedas

Ia mengatakan, makanan pedas bisa bermanfaat untuk metabolisme, tapi sayangnya memiliki efek yang sangat buruk untuk kulit, terutama jika rentan terhadap kondisi, seperti jerawat dan rosacea yang disebabkan oleh kulit yang terlalu berminyak.

Makanan panas dan pedas akan menaikkan suhu tubuh dan melebarkan pembuluh darah, yang akan mengiritasi kulit dan membuat kulit semakin meradang.

“Jika ingin menyeimbangkan produksi minyak dan mengontrol kulit berminyak, kurangilah konsumsi makanan pedas. Bahkan, jika sedang mencoba menghilangkan kondisi jerawat dan rosacea, sebaiknya hentikan konsumsi makanan pedas sama sekali,” paparnya.

5. Produk susu

Susu dan produk susu, kata Neny, dapat memicu kulit wajah jadi lebih berminyak, bahkan berjerawat. Produk susu mengandung hormon tingkat tinggi yang merangsang kelenjar sebaceous dan dapat meningkatkan produksi minyak dan pori-pori tersumbat.

Sebagai alternatif, seseorang bisa mengganti susu hewani dengan susu almon atau kenari. Selain itu, gantilah produk keju konvensional dengan keju vegan.

6. Gula

Makanan tinggi gula terbukti meningkatkan produksi IGF-1, hormon peptida yang merangsang pertumbuhan tetapi juga dapat menyebabkan produksi sebum atau minyak berlebih. Untuk menghindari kulit terlalu berminyak, kamu wajib mengurangi asupan gula harian.

“Seseorang yang menyukai makanan manis, cobalah ganti camilan tinggi gula dengan makanan manis yang lebih sehat, seperti buah atau salad,” pungkas Neny.

Tinggalkan Balasan