Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Mengelola Uang untuk Fresh Graduate (Bagian 2)

Trik menabung uang gajimu dengan memisahkan ke rekening bank berbeda.Sumber foto: Save Wallets

Topcareer.Id – Dunia sekolah dan dunia kerja adalah dua hal yang berbeda.

Transisi dari masa persekolahan ke ranah karier bisa menakutkan, jika kita membayangkan tanggung jawab yang menyertainya. Contohnya dalam hal keuangan.

Tapi, jangan khawatir. Beberapa panduan bisa membantu kamu membuat pijakan keuangan yang baik di masa transisi.

Berikut beberapa tips mengelola keuangan, yang bisa segera kamu terapkan setelah kamu lulus sekolah.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Ketahui Nilai Kamu

Saat mencari pekerjaan atau sebelum menerima tawaran pekerjaan, pastikan untuk meneliti berapa standar gaji untuk posisi kamu, sehingga kamu tahu bisa menetapkan mana penawaran yang masuk akal, dan mana yang tidak.

Penting juga untuk mengetahui sejumlah benefit yang ditawarkan oleh perusahaan yang kamu lamar. Ini termasuk hal-hal seperti asuransi kesehatan, rencana pensiun, tunjangan karyawan, dan cuti berbayar.

Dalam beberapa kasus, mungkin layak bagi kamu untuk menerima gaji yang sedikit lebih rendah, asalkan disertai dengan manfaat yang lebih baik, tergantung pada situasi kamu.

Jika tidak mungkin untuk menegosiasikan gaji, coba cek apakah ada fasilitas lain yang dapat kamu negosiasikan sebagai bagian dari penawaran.

Baca juga: Kenapa Milenial dan Gen Z Sulit untuk bisa Menabung? Ini Penjelasannya

Pahami Asuransi Kesehatan

Ini penting. Jadi pastikan kamu memahami pentingnya asuransi kesehatan, salah satunya adalah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pastikan kantor tempatmu bekerja memiliki kebijakan tersebut. Ini penting agar kamu terlindungi ketika bekerja, dan tidak berisiko menghabiskan semua gaji kamu, untuk berobat jika suatu saat nanti sedang terkena sakit.

Pelajari juga hak-hak yang berhak kamu dapatkan sebagai pekerja. Mulai dari pesangon, hingga hak mendapatkan JKP apabila kamu terkena pemberhentian kerja mendadak.

Dengan mengetahui semua itu, kamu pun akan lebih terencana, dan terhindar dari job insecurity yang berlebihan.

Terapkan Kebiasaan Uang yang Baik

Anggaplah kebiasaan keuangan yang baik seperti sikat gigi. Apabila dilakukan secara teratur, dapat memiliki dampak pencegahan yang besar pada kesehatan kamu (dalam hal ini, keuangan).

Cobalah beberapa hal secara teratur, seperti:

  • Memeriksa saldo rekening bank secara teratur
  • Mengetahui skor kredit dan memeriksanya secara teratur
  • Melakukan pembayaran utang atau pinjaman secara teratur

Dua poin pertama dapat membantu kamu mendapatkan wawasan tentang pola pengeluaran, serta membantu mencegah atau mengidentifikasi pencurian identitas

Sementara poin terakhir, akan membantu skor kredit, serta kesejahteraan finansial kamu secara keseluruhan, dalam jangka pendek dan panjang.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan