Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Asal Usul Slogan “Just Do It” Brand Nike

Dok/Ingenio VirtualDok/Ingenio Virtual

Topcareer.id – Slogan Just Do It dari brand Nike sangat lekat dalam kehidupan modern. Dengan logo swoosh khas Nike yang sudah terkenal, slogan itu muncul di mana-mana di seluruh dunia.

Siapapun akan langsung mengetahui Just Do It menggambarkan sebuah merek terkenal, Nike.

Melihat betapa intrinsiknya merek itu sekarang, slogan itu dulunya berawal dengan hal yang kurang baik.

Slogan Just Do It dibuat pada tahun 1987 oleh Dan Wieden yang baru saja meninggal pada 30 September 2022 pada usia 77 tahun.

Saat itu Wieden ditemani David Kennedy untuk kampanye televisi besar pertama Nike, yang mencakup iklan untuk berlari, berjalan, training, basket, dan kebugaran wanita.

Dalam meninjau pekerjaan pada malam sebelum presentasi klien, Wieden merasa membutuhkan tagline untuk Nike.

Wieden pun menggunakan sumber inspirasi yang mengejutkan.

Dalam film dokumenter Doug Pray 2009 tentang periklanan, Art & Copy, Dan Wieden mengakui bahwa ide untuk slogan Just Do It itu terinspirasi oleh kata-kata terakhir dari terpidana pembunuh berdarah dingin di AS, Gary Gilmore.

Gilmore meneriakkan “Just Do It!” kepada regu tembak yang akan mengeksekusi mati dirinya.

Tanggapan dari penonton kampanye iklan Nike ternyata sangat antusias. Nike pun mulai menerima surat dan panggilan telepon, begitu juga Wieden dan Kennedy.

Bagi sebagian orang, slogan itu menjadi doktrin untuk dijalani.

Baca juga: Lelang Sepatu Nike Milik Michael Jordan, Laku 8 Miliar

Nike kemudian mengangkat hal ini dalam beberapa iklannya, terutama dalam serangkaian poster yang ditujukan untuk wanita yang menggabungkan komitmen olahraga dengan pemberdayaan wanita.

Sebuah iklan TV pada tahun 1995 dibintangi oleh sejumlah gadis dan wanita muda diakhiri dengan slogan, ‘Just Do It’.

Nike terus menggunakan tagline di sebagian besar iklan dan brandingnya hingga hari ini.

“‘Just Do It’ masih relevan bagi kami sebagai merek saat ini seperti 23 tahun yang lalu,” kata Davide Grasso, VP Of Global Brand Marketing di Nike.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan