Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Membatasi Makan 10 Jam Sehari Bikin Sehat? Ini Alasannya

Shot of creative employees having a breakfast meeting outsideShot of creative employees having a breakfast meeting outside

Topcareer.Id – Sebuah Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menerapkan jeda di waktu makan, bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan dua studi kecil yang dirilis baru-baru ini di Journal Cell Metabolism, Makan lebih awal bermanfaat untuk menurunkan berat badan, dan menerapkan batas waktu makan selama 10 jam, dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol.

Dalam studi pertama, ditemukan bahwa terlambat makan membuat orang lebih lapar selama 24 jam. Ini juga menyebabkan pembakaran kalori pada tingkat yang lebih lambat, dan membuat jaringan lemak menyimpan lebih banyak kalori.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa terlambat makan dapat meningkatkan risiko obesitas seseorang.

Sementara studi kedua, yang dilakukan pada sekelompok petugas pemadam kebakaran, menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan batasan waktu 10 jam menyusutkan partikel “kolesterol jahat,” yang menunjukkan potensi pengurangan faktor risiko penyakit jantung.

Jendela makan itu juga memperbaiki tekanan darah dan kadar gula darah di antara petugas pemadam kebakaran dengan kondisi kesehatan mendasar seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Baca juga: Bukan Lagi Semi Bansos, Kartu Prakerja Lanjut 2023 dengan Skema yang Berbeda

Kedua penelitian tersebut menambah bukti yang ada bahwa mungkin ada waktu yang optimal untuk memulai dan berhenti makan, menurut Courtney Peterson, seorang profesor ilmu gizi di University of Alabama di Birmingham yang tidak terlibat dalam kedua penelitian tersebut.

“Anda memiliki jam biologis internal yang membuat Anda lebih baik dalam melakukan hal-hal berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Sepertinya waktu terbaik untuk metabolisme Anda pada kebanyakan orang, adalah pertengahan hingga akhir pagi,” kata Peterson.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa ritme sirkadian – jam internal tubuh yang membantu mengatur tidur dan bangun – dapat memengaruhi nafsu makan, metabolisme, dan kadar gula darah seseorang.

Satchidananda Panda, rekan penulis studi pemadam kebakaran dan profesor di Salk Institute, mengatakan jendela 10 jam tampaknya menjadi “titik manis” karena pembatasan yang lebih parah (yang menjadi ciri banyak diet puasa intermiten) sulit dipertahankan.

“Ketika kita berpikir tentang enam atau delapan jam, Anda mungkin melihat manfaatnya, tetapi orang mungkin tidak bertahan lama,” kata Panda.

Untuk studi kedua, 137 petugas pemadam kebakaran di San Diego, California, mengikuti diet Mediterania yang kaya buah, sayuran, ikan dan minyak zaitun selama 12 minggu. Tujuh puluh petugas pemadam kebakaran makan makanan mereka dalam waktu 10 jam, sementara sisanya umumnya makan lebih dari 13 jam.

Petugas pemadam kebakaran mencatat makanan mereka di sebuah aplikasi, dan memakai perangkat yang dapat dipakai untuk membantu para peneliti melacak kadar gula darah mereka.

Sebagian besar peserta dalam kelompok 10 jam, makan antara jam 8 atau 9 pagi hingga jam 6 atau 7 malam.

“Hasilnya, ada efek menguntungkan yang seharusnya diterjemahkan menjadi lebih sedikit plak di arteri dan lebih sedikit penyakit kardiovaskular,” kata Peterson. Petugas pemadam kebakaran dalam kelompok itu juga melaporkan peningkatan kualitas hidup.

Di antara petugas pemadam kebakaran dengan faktor risiko penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya, makan yang dibatasi waktu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.

“Ada banyak petunjuk bahwa waktu makan yang dibatasi meningkatkan kontrol gula darah dan tekanan darah, tetapi ini adalah studi pertama yang benar-benar menguji ini dalam skala besar pada orang yang melakukan kerja shift,” kata Peterson.

Panda menambahkan, penelitian sebelumnya pada hewan telah menunjukkan bahwa selama periode puasa, “organ mendapatkan istirahat dari mencerna makanan sehingga mereka dapat mengalihkan energi mereka untuk memperbaiki sel.”

Periode puasa juga tampaknya memungkinkan pemecahan racun yang menumpuk. Dan Peterson menambahkan bahwa selama puasa, tubuh dapat membuang natrium, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah.

Peterson mengatakan, dia tidak akan terkejut jika kita akhirnya melihat rekomendasi nasional tentang jendela makan atau waktu makan dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan