Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Daftar Gangguan saat WFH, dan Cara Mengatasinya (Bagian 2)

Sumber foto: istock

Topcareer.Id – Bekerja, entah di kantor maupun dari tempat-tempat lainnya. Semuanya memiliki distraksi sendiri yang jika dibiarkan akan mengganggu produktivitas.

Begitu juga ketika kita melakukan aktivitas bekerja dari rumah, atau yang biasa kita kenal dengan nama WFH.

Meski beberapa survei menunjukkan bahwa bekerja dari rumah memiliki produktivitas yang jauh lebih baik, namun tak berarti jika mode kerja ini jauh dari distraksi.

Kabar baiknya, distraksi-distraksi tersebut bisa kita hindari, sehingga produktivitas yang sudah ada bisa terus terjaga, dan mungkin akan terus meningkat.

Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, berikut beberapa godaan yang kerap muncul saat WFH, beserta cara untuk mengatasinya.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Telepon
Seperti email, telepon juga merupakan bagian yang sangat penting dari metode WFH. Namun, ini merupakan gangguan yang berbahaya.

Sebagai contoh, saat berdering, telepon akan langsung mengalihkan perhatian kita dalam sekejap. Panggilan telepon yang terlalu lama juga bisa membuang waktu kerja kamu, dan menghilangkan fokusmu terhadap tugas-tugas yang kamu kerjakan.

Solusinya, batasilah panggilang pribadi selama kamu bekerja. Hanya angkat yang benar-benar penting, dan terutama yang memang berhubungan dengan pekerjaan.

Jika penelpon mencoba mengajak kamu untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang tidak penting atau sudah melenceng dari bahasan pekerjaan, segera beritahu mereka jika kamu harus kembali mengerjakan tugasmu, dan akan menghubungi mereka kembali.

Baca juga: Meski WFH, Jangan Biasakan Kerja di Kamar Tidur

WhatsApp dan Pesan Teks
Ya! Pesan teks memang tak sebesar telepon. Tapi jangan salah, ketikan-ketikan chat, serta penantian balasan dari rekan chat, akan membuang banyak waktu kamu tanpa kamu sadari.

Oleh karena itu, membatasi pesan teks selama bekerja akan sangat membantu untuk mempertahankan fokusmu dalam bekerja.

Balas hanya pesan-pesan yang bersifat darurat dan penting saja. Jika memungkinkan, kamu juga bisa membisukan handphone kamu selama jam kerja.

Web Surfing
Yang terakhir, bisa jadi yang paling buruk. Ini karena godaannya yang hampir selalu membuat kita kebobolan dan lupa akan pekerjaan.

Sebagai contoh, ketika kamu sedang mencari informasi mengenai pekerjaan di website, kamu tiba-tiba mendapati iklan pop up yang menawarkan topik menarik bagi kamu.

Akhirnya, kamu pun tergoda untuk mengklik iklan tersebut, dan secara tak sadar mencari tahu lebih dalam mengenai topik tersebut, hingga akhirnya lupa waktu. Ini hanya contoh dari beberapa kasus yang bisa terjadi, saat kamu bekerja melalui internet.

Untuk solusinya, cobalah matikan notifikasi dari website-website yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Dan jika pekerjaanmu tidak terlalu memerlukan internet, mungkin ada baiknya untuk mematikannya selama kamu sedang berkutat dengan tugasmu.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply