Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 28, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Sendawa Sapi bisa Bahayakan Bumi? Ini Alasannya

Sumber foto: iflscience.comSumber foto: iflscience.com

Topcarer.id – Lebih dari selusin anak sapi mengantri di sebuah peternakan penelitian di New Zealand untuk diberi makan Kowbucha, probiotik yang menurut penelitian dapat mengurangi sendawa atau emisi metana yang dihasilkan sapi.

Bubuk Kowbucha dicampur menjadi minuman seperti susu yang diberikan kepada anak sapi di peternakan Massey University di Palmerston North.

Pakan reguler adalah bagian dari serangkaian uji coba yang dilakukan oleh raksasa susu New Zealand Fonterra sejak 2021 untuk mengukur seberapa efektif probiotik dalam mengurangi emisi metana.

Negeri kiwi ini telah berjanji untuk mengurangi emisi metana biogenik sebesar hingga 47% pada tahun 2050.

Uji coba awal menunjukkan bahwa anak sapi mengeluarkan metana hingga 20% lebih sedikit ketika mereka menerima suplemen probiotik, kata Shalome Bassett, ilmuwan utama di Pusat Penelitian dan Pengembangan Fonterra.

“Probiotik sangat bagus karena merupakan solusi yang sangat alami,” kata Bassett kepada Reuters.

Baca juga: Ilmuwan Jepang Ciptakan Replika Daging Sapi Wagyu

“Apa pun yang kami lakukan, itu harus sesuatu yang mudah digunakan oleh petani, harus hemat biaya, dan kami harus memastikan bahwa itu baik untuk sapi dan tidak berpengaruh pada susu sapi yang dihasilkan.”

Fonterra berharap bisa mulai menjual Kowbucha di toko-toko pada akhir 2024 sebelum petani harus mulai membayar denda akibat sendawa sapi.

Fonterra juga mengatakan Kowbucha kemungkinan memberikan solusi yang lebih mudah secara umum karena petani hanya perlu memberi makan anak sapi ketika mereka sedang dipelihara.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan