Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

7 Pilihan Program Pelatihan dan Beasiswa Google untuk Perempuan (Bagian 2)

Google.org Impact Challenge for Women and Girls 2021

Topcareer.id – Setiap orang di semua umur dan gender memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan karier yang terbaik, tak terkecuali bagi perempuan. Perempuan juga kini mudah mengakses berbagai pelatihan dan pendidikan informal untuk meningkatkan kompetensi karier.

Google menyediakan berbagai program pelatihan untuk mendorong pemberdayaan dan peran perempuan di seluruh sektor di Indonesia. Berikut ini beberapa program yang bisa diikuti oleh perempuan untuk meningkatkan kualitas diri.

4. #JuaraAndroid dari Google Developers

Apabila tertarik dengan pengenalan dan pembelajaran mendalam tentang Android, program #JuaraAndroid with Compose Camp dari Google Developers Indonesia membuka sesi yang tersedia hingga 30 Oktober 2022.

Program ini akan menyajikan materi pemrograman Android dasar dengan praktik terbaik yang direkomendasikan oleh tim Android, termasuk membuat layouts yang baik, merancang navigasi antar layar, dan menghubungkan ke internet.

Program ini terbuka bagi siapapun, termasuk siswa perempuan, yang dibagi ke dalam dua learning path, Android Basics with Compose untuk yang baru belajar dan Jetpack Compose for Android Developers untuk yang sudah ahli.

5. #BerubahDigital

Diluncurkan pada awal Agustus 2022 lalu, Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) membentuk program #BerubahDigital untuk melatih pemilik usaha kecil di 10 provinsi di Indonesia.
Program yang diperkirakan akan berjalan hingga akhir tahun 2022 ini akan memberikan pelatihan secara offline, serta berbagai modul yang disusun berdasarkan program Grow with Google (GWG).

UMKM yang bernaung di bawah Kemenkop, termasuk perempuan pemilik usaha, dapat mendaftar dan mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

Baca juga: Kemenag Buka Program Beasiswa Training Bahasa Untuk Dosen PTK

6. Bangkit

Bangkit merupakan sebuah program tahunan yang terafiliasi dengan Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat dalam mempersiapkan siswa terbaik Indonesia untuk pekerjaan di bidang IT yang paling diminati di masa depan.

Tahun ini, program Bangkit telah rangkum dilaksanakan dengan tiga learning path, yaitu Machine Learning, Mobile Development (Android), dan Cloud Computing. Pada kelulusan bulan September lalu, 26% dari 2.500 siswa adalah perempuan, dan 30% dari peserta (lebih dari 1.200 siswa) yang mengikuti modul pembelajaran Machine Learning adalah peserta perempuan.

7. Impact Challenge for Women and Girls

Lembaga filantropi Google yang bernama Google.org meluncurkan sebuah program global Impact Challenge pada Maret 2021 dengan menghibahkan pendanaan senilai USD25 juta bagi organisasi yang berfokus pada kesejahteraan perempuan dan anak perempuan.

Melalui program ini, organisasi yang mendorong kesetaraan gender diajak untuk mengirimkan ide-ide paling berani dan paling inovatif mereka untuk menciptakan realitas ekonomi yang lebih adil bagi perempuan.

Pada akhir 2021 lalu, The Asia Foundation dari Indonesia menjadi satu dari sembilan representatif di Asia Pasifik yang mendapatkan pendanaan sebesar USD1 juta USD meluncurkan proyek pemberdayaan pengelolaan hutan pertama untuk perempuan dan anak perempuan di Indonesia.

Leave a Reply