Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Jadi Digital Nomad? Perhatikan Beberapa Hal Ini (Bagian 1)

Dok/Girl Gone AbroadDok/Girl Gone Abroad

Topcareer.Id – Ketika mendengar digital nomad, kebanyakan yang terpikir di benak kita adalah kebebasan untuk bekerja di mana saja, sembari bertualang dan bertemu dengan orang-orang baru.

Kabar baiknya, semua itu memang benar adanya. Namun tidak semenyenangkan itu karena ada banyak hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan. Seperti tidak adanya penghasilan bulanan yang pasti, hingga jadwal pembayaran fee yang terkadang bisa ngaret cukup lama.

Oleh karena itu, mendapatkan beberapa pintu pemasukan saja belum cukup untuk memulai pekerjaan sebagai digital nomad. Perhatikan dulu beberapa poin penting ini, agar mimpi indah yang kamu jalani, tidak beruabh menjadi mimpi buruk.

Bagian pertama dari artikel.

Mengatur Keuangan
Buat anggaran untuk hidup kamu sedari sekarang. Pertimbangkan berbagai biaya hidup dan pengeluaran yang mungkin muncul, saat kamu berada jauh dari rumah.

Misalnya, jika kamu terbiasa memasak di rumah, dan akan tinggal di hostel tanpa fasilitas dapur, maka kamu akan butuh anggaran untuk makan di luar.

Jika kamu berencana untuk tinggal sementara di luar negeri, pastikan rekening bank, kartu debit, kartu kredit, dll. dapat dengan mudah kamu akses. Pelajari juga biaya transaksi di luar negeri, yang bisa mencapai 3% dari biaya setiap pembelian.

Beberapa lembaga keuangan menawarkan kartu kredit bebas biaya transaksi dan penarikan ATM bebas biaya di negara lain. Ganti bank jika diperlukan.

Terakhir, pastikan kamu memiliki dana darurat yang cukup besar. Ini perlu kamu siapkan, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada keuanganmu dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: 5 Alasan Sales Masih Jadi Karier Yang Baik

Prioritaskan Kebutuhan utama
Bekerja dari jarak jauh, berarti harus berhadapan dengan beberapa perangkat komputer, ponsel pintar dan internet. Ini adalah senjata utama yang kamu perlu miliki.

Pertimbangkan juga untuk mencari penawaran paket data bulanan yang terjangkau dan memiliki akses sinyal yang baik. Jangan pernah berpikir untuk hanya mengandalkan fasilitas Wi-Fi dari hotel, atau tempat makan, karena ketika gangguan internet terjadi, kamu akan kerepotan sendiri.

Miliki Asuransi Kesehatan yang Memadai
Satu hal yang jarang kita perhatikan, adalah jangkauan dari asuransi atau perlindungan kesehatan yang kita miliki. Beberapa dari mereka tidak bisa melindungi kamu, ketika kamu sedang berada di luar negeri.

Jadi, coba cek kembali cakupan asuransi kesehatan kamu, dan selalu buat rencana cadangan untuk keadaan darurat yang mungkin terjadi jika kamu sedang berada di luar negeri. Beberapa negara memiliki biaya perawatan kesehatan yang cukup tinggi, jadi kamu harus hati-hati.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan