Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Chief Operating Officer (COO), Bos Besar Satu Ini Tugasnya Apa ya?

Dok. Shutterstock

Topcareer.id – Sebutan pemimpin perusahaan yang akrab di telinga kita, yakni Chief Executive Officer. Padahal tim eksekutif perusahaan terdiri dari beberapa anggota lain, salah satunya adalah Chief Operating Officer (COO). Kalau eksekutif yang satu ini apa saja ya tugasnya?

Mengutip laman The Balance Careers, COO ini menangani administrasi dan operasi bisnis sehari-hari. COO biasanya memiliki tanggung jawab pengawasan keseluruhan untuk semua operasi perusahaan.

Bagaimana seorang Chief Operating Officer bekerja?

Seorang COO dapat juga disebut sebagai wakil presiden operasi. Sebagai komandan kedua setelah CEO, posisi COO bertugas memberikan kepemimpinan, manajemen, dan visi untuk memastikan bahwa bisnis memiliki orang-orang yang efektif, kontrol operasional, dan prosedur administrasi dan pelaporan di tempat.

COO harus membantu menumbuhkan perusahaan secara efektif dan memastikan kekuatan finansial dan efisiensi operasinya.

Dengan pelatihan, pengalaman, dan keterampilan yang tepat, seorang individu dapat mengisi peran ini di berbagai organisasi, seperti bisnis nirlaba, organisasi nirlaba, entitas pemerintah, atau sekolah.

Baca juga: Ini Tanda Bos Kamu Pimpinan Yang Buruk (Bagian 2)

Tugas dan tanggung awab Chief Operating Officer

Peran dan tanggung jawab COO bervariasi, tidak hanya tergantung pada organisasi tempat mereka bekerja, tetapi juga pada bagaimana perusahaan mendefinisikan posisinya.

Tidak ada satu daftar yang disepakati tentang apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut, dan peran tersebut mungkin juga memiliki judul yang berbeda tergantung pada organisasi atau perusahaan. Seorang COO ditugaskan untuk menyelesaikan beberapa atau semua tujuan berikut:

Menjalankan strategi yang dikembangkan oleh tim manajemen puncak
Memimpin imperatif strategis tertentu
Menunjukkan kepada CEO yang tidak berpengalaman bagaimana ia melakukan pekerjaanya
Melengkapi pengalaman atau gaya manajemen CEO
Memberikan mitra kepada CEO yang tidak bekerja dengan baik sendirian
Mengurus CEO organisasi berikutnya atau uji individu untuk memastikan dia tepat untuk pekerjaan itu
Mempromosikan seseorang

Seringkali, perusahaan menyerahkan tanggung jawab untuk semua bidang operasi bisnis ke COO, dan ini biasanya mencakup produksi, pemasaran dan penjualan, serta penelitian dan pengembangan.

Di beberapa perusahaan, tugas COO adalah fokus secara internal, sedangkan CEO fokus secara eksternal. Di perusahaan lain, misi COO difokuskan pada kebutuhan bisnis tertentu.

Leave a Reply