Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ragam Job Atlet Setelah Pensiun

Dok/DetikDok/Detik

Topcareer.id – Hal hebat yang bisa kita pelajari dari para atlet profesional adalah semangat juang dan sikap mereka yang berorientasi pada tujuan.

Terbiasa disiplin dengan disertai daya juang tinggi kerap kali membuat mereka mudah menyesuaikan diri dengan karier setelah mereka pensiun.

Memang semua tergantung pada tingkat prestasi mereka saat masih terlibat dalam dunia olahraga.

Tetapi masih banyak pensiunan atlet yang masih bisa produkif secara finansial setelah meninggalkan lapangan untuk menjelajah karier baru.

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan bagi atlet setelah mereka pensiun.

Pemilik bisnis
Memulai bisnis membutuhkan modal yang tergantung pada besarnya pekerjaan yang ingin dijelajahi.

Jika sang atlet pandai menabung dan memanfaakan pendapatannya selama berkarier di dunia olahraga, mereka bisa menggunakannya sebagai modal untuk memulai bisnis baru.

Banyak atlet ketika pensiun mencoba mulai menjalani bisnis pilihannya dengan modal tabungannya selama aktif sebagai atlet.

Komentator olahraga
Mantan atlet bisa membuat analisa olahraga terbaik karena mereka melihat permainan melalui lensa yang berbeda dari penggemar.

Mereka terbiasa membedah strategi lawan dan dapat membagikan hasil keahliannya kepada para pemirsa di rumah.

Aktor
Akting adalah karier yang keren bagi para atlet setelah pensiun, tetapi umumnya hanya atlet terkenal yang bisa menampilkan bakat di lapangan mereka ke layar lebar.

Salah satu yang terkenal adalah Dwayne “The Rock” Johnson, mantan pemain american football yang pernah jadi jagoan smack down ini sekarang merupakan bintang film terpopuler dalam dekade terakhir.

Baca juga: Negara Ini Tawarkan Ketentuan Pensiun Terbaik di Dunia

Pelatih / Manajer
Sementara beberapa mantan atlet memulai bisnis yang jauh dari lapangan, sebagian lagi memilih kembali ke medan pertempurannya.

Ya, banyak atlet yang mendapati diri mereka menjadi pelatih/manajer.

Jose Mourinho adalah contoh keberhasilan yang dianggap sebagai salah satu manajer paling penting dalam sepakbola.

Dia memulai kariernya sebagai pemain sepakbola di divisi dua Portugal. Setelah karier bermainnya selesai, Mourinho mulai sebagai manajer sepak bola.

Eksekutif klub (Manajemen)
Dengan pengalaman yang luas dalam olahraga, pindah ke kantor klub dan menjabat sebagai eksekutif bisa menjadi transisi yang logis bagi banyak atlet.

Contohnya pesepakbola profesional asal Republik Ceko, Pavel Nedved. Usai membela Juventus dan pensiun ia pun masuk jajaran direksi klub dan kini menjabat sebagai wakil presiden Juventus.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply