Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
ProfesionalTren

Demi Keamanan, Perlukah Menutup Webcam Laptop Saat Kerja?

Tips menjalani puasa dengan penuh semangat saat bekerja.Sumber foto: Freepik.com

Topcareer.id – Beberapa tokoh masyarakat terkenal menggunakan penutup webcam pada laptop atau pc mereka saat bekerja, biasanya berupa penggeser plastik atau selotip menutup lensa. Misal, CEO Meta Mark Zuckerberg atau mantan Direktur FBI James Comey. Sebenarnya, apakah hal ini perlu dilakukan?

Tidak banyak alasan keamanan yang sah untuk membutuhkan penutup, tetapi para ahli mengatakan itu tidak ada salahnya.

Jika kamu khawatir tanpa sengaja membiarkan kamera video menyala, penutup kamera dapat meredakan kekhawatiranmu. Jonathan Young, Wakil Presiden Asosiasi Vantage Technology Consulting Group, menggunakan penutup webcam untuk alasan ini.

“Pemblokir webcam berguna terutama karena orang terkadang menyalakan atau membiarkan kamera mereka menyala secara tidak sengaja,” kata Young, dikutip dari laman HuffPost.

“Atau, orang memiliki banyak kamera –– kamera laptop dan kamera mandiri pada monitor eksternal –– dan default yang salah mungkin muncul dan mengirimkan informasi pekerjaan atau tampilan yang memalukan atau tidak pantas. Saya menggunakan penutup kamera di perangkat saya karena alasan ini,” jelasnya.

Selain menyelamatkan dirimu dari potensi rasa malu, ada alasan keamanan yang baik untuk melakukannya juga, kata Michael Covington, wakil presiden strategi portofolio di JAMF, platform manajemen perangkat Apple.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Kerja Terasa Happy (Bagian 2)

“Penutup webcam fisik adalah lapisan failsafe terakhir yang memastikan pengguna tetap memegang kendali ketika mereka terlihat di kamera, terutama ketika salah satu skenario berikut terjadi: Kamera perangkat dapat menyala secara tidak sengaja karena bug perangkat lunak; pengembang aplikasi dapat memiliki niat jahat dan membangun aplikasi mereka untuk menangkap atau mencuri data melalui izin kamera,” kata Covington.

Jika masalah terakhir adalah yang paling mengkhawatirkanmu bahwa peretas mencari ke rumahmu melalui komputermu – maka kamu mungkin tidak perlu terlalu khawatir, menurut Nizel Adams, pemilik Nizel Corp, sebuah perusahaan konsultan teknologi informasi di Chicago.

“Saya mengerti paranoia itu. Tidak ada yang suka merasa rentan. Tetapi jika kamu mengambil langkah-langkah pencegahan, kemungkinan seseorang diretas atau risiko seseorang melihatmu di kamera web-mu sangat kecil,” kata Adams.

“Jika ada pelanggaran keamanan, pelanggaran itu tidak hilang dengan kamu menutupi webcam. Orang itu masih akan mengawasimu di ujung sana, ”katanya.

Bahkan jika seorang peretas mengetahui kata sandi komputermu, Adams mengatakan bahwa mereka juga perlu mengakses banyak informasi tambahan tentang komputer pribadimu untuk meretas ke layarmu, seperti alamat IP eksternal dari jaringan yang digunakan perangkat, alamat IP yang tepat atau nama komputer, dan nomor port yang terbuka dan ditujukan untuk akses jarak jauh.

Karena banyak sistem komputer secara otomatis menonaktifkan fitur akses jarak jauh itu secara default, seorang peretas juga harus menipumu agar menginstal perangkat lunak untuk mendapatkan akses, kata Adams.

“Kebanyakan orang tidak perlu khawatir tentang hal semacam itu, terutama jika kamu memiliki firewall. … Itu melakukan banyak hal untukmu,” tambah Adams.

Leave a Reply