Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Minum 2 Gelas Kopi Sehari saat Hamil bikin Anak Jadi Pendek

Ilustrasi kopi. Sumber foto: PixabayIlustrasi kopi. Sumber foto: Pixabay

Topcareer.Id – Perhatian bagi para ibu hamil yang ingin memiliki anak yang tinggi. Sebuah studi terbaru menunjukkan, rutinitas dua cangkir kopi setiap hari, dapat menyebabkan keturunan yang lebih pendek sepanjang masa kanak-kanak.

Dalam studi yang dipimpin oleh National Institute of Child Health and Human Development (bagian dari National Institutes of Health), asupan kafein ibu yang lebih tinggi selama kehamilan, dikaitkan dengan perawakan anak yang lebih pendek, yang berlangsung hingga usia 8 tahun.

“Meskipun implikasi klinis dari perbedaan tinggi sekitar 2 sentimeter [kira-kira 8/10 inci] tidak jelas, temuan kami untuk tinggi badan, serupa besarnya dengan anak-anak yang ibunya merokok selama kehamilan,” kata para peneliti dalam penyelidikan awal mereka.

Berbeda dengan masalah tinggi badan, penelitian ini tidak menemukan hubungan yang kuat antara konsumsi kafein ibu selama kehamilan, dengan kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak.

Baca juga: Cahaya LED Biru Diklaim Mampu Turunkan Angka Bunuh Diri di Jepang

Temuan itu dipublikasikan Senin (31/10) di JAMA Network Open.

Para peneliti mengatakan, mengingat bahwa sekitar 8 dari 10 wanita hamil AS mengonsumsi kafein, penting untuk menentukan apakah paparan kafein dalam kandungan memiliki implikasi pertumbuhan jangka panjang pada keturunannya.

Para peneliti menyarankan penelitian masa depan dalam konsumsi kafein selama kehamilan, harus mencakup masa pubertas dan seterusnya, untuk menentukan apakah kesenjangan tinggi terus melebar hingga dewasa, dan apakah konsumsi kafein ibu memberikan risiko lebih besar untuk disfungsi kardiometabolik.

Penulis utama studi ini adalah Jessica Gleason, seorang ahli epidemiologi perinatal di Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia yang menganalisis bagaimana berbagai paparan selama kehamilan dan kehidupan awal mempengaruhi lintasan kesehatan selama hidup seseorang.

Pada Maret 2021, Gleason memimpin penelitian terpisah terhadap 2.000 lebih wanita yang menemukan bahwa tingkat konsumsi kafein yang lebih tinggi “berhubungan secara signifikan” dengan berat badan lahir bayi yang lebih rendah, ukuran yang lebih pendek, dan lingkar kepala, lengan, dan paha yang lebih kecil.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply