Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerjaan Menumpuk di Mana-Mana? Mulailah Terapkan Kebiasaan Ini (Bagian 2)

Sumber foto: PixabaySumber foto: Pixabay

Topcareer.Id – Berbicara tentang produktivitas. Rasanya tidak akan lengkap jika membahas kesalahan dalam manajemen waktu, yang pada akhirnya melahirkan tumpukan pekerjaan yang tertunda, serta tingkat stres yang meningkat seiring waktu ke waktu.

Jika dibiarkan berlarut-larut, produktivitas pun lama-lama tidak bisa maksimal, dan bahkan menurun, dengan hasil kerja yang seadanya, karena kurangnya fokus lantaran pikiran terbagi dengan tugas-tugas lain yang belum selesai.

Nah, jika kamu merasa mulai terjebak dengan keadaan yang serupa dengan gambaran di atas, mungkin ini waktunya untuk menghentikan kebiasaan itu menjadi tradisi, dan mulai menerapkan kebiasaan yang lebih efektif untuk mengatasinya.

Mengutip saran Donna M. White dari artikel psychcentral.com, berikut beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan, untuk membuat hari-hari kerjamu lebih terkendali.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Berhenti Memaksakan Diri
Iya kamu kuat. Tapi bukan berarti semuanya harus kamu kerjakan sendiri. Karena seperti layaknya manusia biasa, kamu juga pasti punya batas.

Jadi, berhentilah memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya sendirian. Cobalah delegasikan sebagian tugas kamu kepada partner yang kamu percaya.

Percayalah, ini adalah cara terbaik untuk mengurangi secara drastis tugas yang menumpuk di meja. Namun, perhatikan juga kemampuan partnermu dalam menerima tugas tambahan, dan selalu komunikasikan semuanya, agar hasilnya bisa sesuasi dan memenuhi ekspektasi.

Baca juga: Film Horor Bisa Kurangi Stres, Tapi…

Manfaatkan waktu Kosong
Jika kamu sedang menunggu pesanan makanan dari ojek online, mengantre di supermarket, duduk menunggu teman yang janjiannya ngaret, jangan cuma isi dengan bengong saja.

Manfaatkanlah waktu kosong itu untuk melakukan beberapa kegiatan kerja yang ringan. Seperti mengecek to do list kamu, membalas email, atau mengerjakan beberapa tugas yang bisa selesai dalam waktu beberapa menit.

Tapi, jangan pernah lakukan ini ketika kamu sedang di kondisi yang memerlukan fokus. Seperti mengendarai kendaraan atau sedang mengawasi anak balita bermain.

Batasi hal-hal di Luar Pekerjaan
Tak mungkin rasanya untuk menghentikan semua aktivitas menyenangkan hanya demi pekerjaan. Tapi setidaknya, kamu bisa sedikit membatasi durasinya, setidaknya sampai pekerjaanmu selesai.

Sebagai contoh, jika biasanya kamu menghabiskan waktu 4 jam untuk bermain game konsol, cobalah kurangi menjadi 2.5 jam, dan pakai sisanya untuk memastikan jika semua to do list kamu selesai di hari itu.

Dengan begitu, kegiatan kamu akan lebih terkendali, dan pekerjaan-pekerjaan yang kamu lakukan juga selalu on track.

Rayakan Keberhasilanmu

Ini yang paling penting. Jangan lupa berterimakasih kepada diri sendiri, atas keseriusan kamu untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk di hari itu.

Hadiahi diri kamu dengan makanan lezat, film ringan, atau sekadar secangkir teh hangat dan tawa yang renyah dari rasa tenang yang kamu rasakan.

Dengan begini, kamu pun akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama keesokan harinya, hingga akhirnya pekerjaanmu selesai.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply