Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

12 Tips Tenangkan Diri Saat Wawancara Kerja (Bagian 2)

Sumber Foto: FreepikSumber Foto: Freepik

Topcareer.id – Meskipun kamu telah mempelajari setiap kemungkinan pertanyaan wawancara kerja dan telah meneliti perusahaan secara mendetail, rasa nervous pasti tetap ada.

Terlebih lagi jika kamu adalah orang yang mudah gelisah. Jika perasaan ini tidak segera kamu atasi, ini bisa mengganggu kelancaran wawancara kerjamu.

Mengutip The Muse, ada dua belas hal yang dapat kamu coba sekarang untuk menenangkan semua ketegangan wawancara kerja, salah satunya pasti berhasil.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

7) Beri diri self talk positif
Berbicara kepada diri sendiri bukanlah hal yang gila, ini cerdas dan terbukti secara ilmiah membantu memotivasi diri sendiri.

Katakan pada diri kamu bahwa kamu memenuhi syarat untuk pekerjaan ini.

Kamu bisa juga mengucapkannya dengan lantang dan percaya diri. Pastikan kamu menemukan tempat yang tenang untuk melakukannya.

8) Hubungi teman untuk menyemangati
Tidak ada yang lebih baik daripada dorongan dari teman dekat atau anggota keluarga yang peduli dan positif.
Motivasi dari mereka akan membuat pada semangat yang kamu butuhkan untuk menjalani wawancara kerja.

9) Dengarkan musik
Atau, dengarkan apa pun yang membuatmu bersemangat. Bisa, podcast, motivasi dari motivator idola, dll.

Dengan cara ini, kamu bisa mengisi kepala dengan energi dan kegembiraan, bukan pikiran negatif.

Baca juga: Cara Berpakaian untuk Wawancara Kerja di Perusahaan Kreatif

10) Senyum
Bukan rahasia lagi tersenyum bisa membuat orang merasa lebih percaya diri, bahkan jika kamu hanya berpura-pura, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Murah senyum juga akan membuat perekrut jadi lebih respect kepada kamu.

11) Manfaatkan stres sebagai adrenalin
Kegugupan dan adrenalin sangat berkorelasi—itulah sebabnya penelitian menunjukkan bahwa adrenalin baik untuk dipompa alih-alih ditenangkan.

Memiliki tingkat adrenalin yang cukup sebelum berbicara di depan umum atau orang yang baru dikenal bisa menghasilkan hasil yang lebih baik.

12) Ingatlah bahwa ini hanya percakapan
Terakhir, ingatkan dirimu bahwa kamu sedang tidak terjun dari pesawat atau melawan hiu.

Kamu hanya akan menghadapi satu atau mungkin dua orang dan melakukan percakapan yang menyenangkan tentang karier.

Perlu kamu ingat bahwa wawancara kerja bukan untuk membuatmu marah, kamu hanya perlu menjawab pertanyaan.

Bahkan terkadang pewawancara juga mungkin gugup untuk membuat kesan yang baik terhadap para kandidatnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply