Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Februari 5, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

12 Tips Tenangkan Diri Saat Wawancara Kerja (Bagian 1)

Sumber Foto: FreepikSumber Foto: Freepik

Topcareer.id – Meskipun kamu telah mempelajari setiap kemungkinan pertanyaan wawancara kerja dan telah meneliti perusahaan secara mendetail, rasa nervous pasti tetap ada.

Terlebih lagi jika kamu adalah orang yang mudah gelisah. Jika perasaan ini tidak segera kamu atasi, ini bisa mengganggu kelancaran wawancara kerjamu.

Mengutip The Muse, ada dua belas hal yang dapat kamu coba sekarang untuk menenangkan semua ketegangan wawancara kerja, salah satunya pasti berhasil.

Bagian pertama dari artikel

1) Jalan-jalan
Udara segar sangat bermanfaat bagi semua orang. Jika kamu akan menjalani wawancara telepon, berjalan-jalanlah terlebih dahulu di sekitar blok perumahan kamu.

Jika akan melakukan wawancara langsung, kamu bisa luangkan waktu sejenak berjalan-jalan di sekeliling luar gedung sebelum masuk untuk menjernihkan pikiran.

2) Berlatih metode S.T.O.P
Menurut trainer eksekutif Chris Charyk, metode S.T.O.P (Stop, Take a deep breath, Observe, Proceed) adalah trik mental utama untuk mengatasi situasi stres apa pun.

  • Stop
    Hentikan apa pun yang kamu lakukan dan fokus pada pikiran wawancara kerja.
  • Take a deep breath
    Tarik napas dalam-dalam agar pikiran dan perasaan menjadi lebih rilek dan tenang.
  • Observe
    apa yang terjadi dalam tubuh, emosi, dan pikiranmu, serta mengapa kamu merasakannya.
  • Proceed
    Lanjutkan dengan niat untuk mengimplementasikan apa yang sudah kamu amati dalam tindakanmu.

Pentingnya teknik ini adalah untuk memperlambat dan berhati-hati tidak hanya dalam hal-hal yang kamu lakukan, tetapi perasaan yang kamu biarkan mengambil alih.

Ini mengingatkan bahwa kamu memiliki kekuatan untuk membuang ketakutan, keraguan, dan kegelisahanmu sendiri bahkan dalam situasi yang paling sulit.

3) Bersiaplah untuk yang terburuk
Apa pun ketakutan terbesar kamu, selalu ada jawaban untuk itu.

Khawatir tidak bisa merespons dengan baik untuk pertanyaan rumit? Jadilah proaktif dan pelajari cara menjawabanya.

Dengan berpikir ke depan, kamu akan dapat benar-benar yakin mengetahui bahwa jika yang terburuk terjadi, kamu lebih dari siap untuk menanganinya.

Baca juga: Tembus Wawancara Kerja Via Telepon Dengan Cara Ini

4) Buat catatan wawancara
Buat catatan di smartphone kamu dan tulis semua hal penting seperti alamat gedung, nama manajer perekrutan, waktu, tiga hal utama yang ingin kamu sampaikan dalam wawancara, siapkan pertanyaan untuk pewawancara.

Kemudian, baca ulang secara singkat catatan tersebut sebelum dipanggil.

5) Rencanakan sesuatu setelah wawancara
Mungkin kamu sudah kelelahan wawancara kerja di depan orang yang baru kamu temui, coba pikirkan untuk apa kamu harus bersemangat melakukan semua ini?

Makanan enak? Pijat? Kencan dengan orang tercinta, ataupun nonton film favorit? Apa pun itu, persiapkan semua hal tersebut untuk kamu lakukan salah satunya.

Tujuannya agar kamu memiliki sesuatu yang luar biasa dan kamu nanti-nantikan untuk mengobati kegelisahan kamu selama wawancara kerja.

6) Makan yang baik
Wawancara yang baik dimulai dengan makanan yang baik juga. Artinya, pilihlah makanan sehat untuk sarapan dan makan siang untuk penambah energi.

Atau boleh juga memanjakan diri dengan makanan favorit kamu.

Wawancara dengan perut keroncongan bisa membuatmu tidak fokus dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan krusial.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan