Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Potensi Pergerakan 60,6 Juta Orang, Tempat Wisata Diminta Bersiap Sambut Nataru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno sebut pemerintah akan berikan insentif bagi penyelenggara event kelas internasional.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno sebut pemerintah akan berikan insentif bagi penyelenggara event kelas internasional. (dok. Kemenparekraf)

Topcareer.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meminta pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk bersiap diri demi meraih peluang momentum libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, berdasarkan data Kemenhub potensi pergerakan nasional pada Natal/Tahun Baru 2022/2023 adalah 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 60,6 juta orang.

“Kami instruksikan tempat wisata destinasi favorit dan sentra ekonomi kreatif agar mempersiapkan diri dengan baik memanfaatkan secara maksimal dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, serta kolaborasi karena situasi krisis saat yang lalu ini sekarang tergantikan dengan suasana potensi cuaca ekstrem,” kata Menparekraf Sandiaga mengutip siaran persnya, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan, di wilayah Jabodetabek sendiri, potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 12,3 persen atau sekitar 7,5 juta orang.

Destinasi-destinasi yang diperkirakan akan banyak dikunjungi adalah destinasi yang selama ini menjadi favorit masyarakat. Seperti Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah. Termasuk juga kawasan Puncak dan daerah Bogor sekitarnya yang juga selalu menjadi tempat favorit wisatawan.

Baca juga: Penanggulangan Tuberkulosis Di Tempat Kerja Terus Dilakukan

“Namun juga kalau kita lihat Bali dan 5 destinasi super prioritas dan desa-desa wisata juga harus bersiap-siap untuk menerima kunjungan wisatawan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, selain dari lima negara penyumbang wisatawan terbanyak saat ini yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris, diperkirakan juga wisatawan dari Amerika Serikat dan Austria juga akan banyak yang memanfaatkan momen libur Natal/Tahun Baru 2022/2023 untuk berkunjung ke Indonesia.

“Kami mengimbau pemerintah daerah dan asosiasi usaha pariwisata untuk mendukung momen Natal dan Tahun Baru sebagai momentum kebangkitan dan kesiapan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif serta fasilitas pendukungnya. Sehingga diharapkan dapat menghadirkan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” papar Menparekraf Sandiaga.

Leave a Reply