Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

YouTube Shorts Tambah Durasi Suara Dan Musik Hingga 60 Detik

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – YouTube akhirnya menangani salah satu keluhan utama para konten kreator terkait pembuatan video, hingga saat ini, musik dan suara yang ditambahkan ke video hanya dapat berdurasi 15 detik, meskipun Shorts sendiri dapat berdurasi hingga 60 detik.

Sekarang, berkat kesepakatan lisensi yang telah direvisi, YouTube mengatakan sebagian besar musik di Shorts akan tersedia dalam durasi hingga 60 detik.

Selain itu, pembuat konten dapat melakukan “remix”, atau mengambil sampel, hingga 60 detik suara dari video lain, bukan hanya 15 detik seperti sebelumnya.

Selama beberapa minggu ke depan, pembuat konten YouTube akan mulai melihat opsi yang diperluas untuk menambahkan musik ke video mereka saat memilih audio di aplikasi YouTube untuk iOS dan Android.

Dalam beberapa kasus, lagu hanya berdurasi 30 detik, karena pembatasan lisensi, catat YouTube.

Perusahaan, seperti TikTok dan lainnya, bernegosiasi dengan pemegang hak lagu, termasuk label musik atau distributor dan penerbit, sebelum memasukkan lagu tersebut ke dalam YouTube Shorts.

Meskipun YouTube tidak mengomentari status kesepakatannya dengan mitra industri musiknya, dikatakan bahwa sebagian besar lagu di library audionya sekarang memiliki durasi maksimum hingga 60 detik.

Pembaruan ini bertujuan untuk membuat YouTube Shorts lebih kompetitif dengan para pesaingnya, termasuk TikTok dan Instagram Reels.

Sebagai perbandingan, Instagram Reels mendukung musik hingga durasi 90 detik. Sementara itu, lagu bisa bertahan hingga satu menit di TikTok.

Baca juga: Survei: Remaja Lebih Suka Nonton YouTube Daripada TikTok

Untuk mengakses trek musik yang lebih panjang, kreator perlu mengetuk ikon “+” untuk masuk ke kamera Shorts di aplikasi seluler, lalu memilih trek audio dari koleksi.

Saat memilih suara di pemilih audio, akan terlihat durasi waktu, yang menunjukkan berapa banyak audio yang dapat digunakan dari trek tertentu.

Kreator juga perlu mengubah durasi perekaman videonya di kamera Shorts untuk menggunakan audio lebih dari 15 detik, catat YouTube.

Sebelumnya, kreator hanya dapat mengambil sampel segmen audio asli berdurasi 15 detik dari konten video Shorts dan video on demand yang memenuhi syarat. Sekarang, mereka dapat mengambil sampel hingga 60 detik.

Meskipun durasi musik diperpanjang, durasi maksimum video YouTube Shorts tidak diperpanjang — durasinya tetap 60 detik.

Fitur baru ini akan diluncurkan ke pengguna YouTube secara global di iOS dan Android. Saat ini, YouTube Shorts sudah ditonton oleh lebih dari 1,5 miliar pengguna.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply