Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Tipe Kepribadian ENTP: Ciri-Ciri Langka Seorang “Visioner”

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Tipe kepribadian berdasarkan test Myer-Briggs kini masih menjadi salah satu yang populer. Saat kamu mengikuti tes ini, kamu akan diberikan synopsis 4 huruf tentang kepribadianmu. Salah satu tipe kepribadian dari tipe itu, yakni ENTP.

Apa itu tipe kepribadian?

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu tipe kepribadian ENTP, akan sangat membantu untuk memulai dengan pemahaman dasar tentang klasifikasi tipe kepribadian.

Memanfaatkan empat kategori, masing-masing diwakili oleh sebuah huruf, sistem Indikator Tipe Myers-Briggs mengkategorikan orang berdasarkan ciri-ciri kepribadian. Sistem ini awalnya dirancang oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers.

Mengutip Ladders, keempat kategori ini dimaksudkan untuk memahami bagaimana orang menerima informasi, membuat keputusan, berinteraksi dengan orang lain, dan pada akhirnya, menjalani hidup mereka. Dengan setiap kategori, ada dua gaya kepribadian yang kontras, ESTJ dan INFP:

Ekstraversi versus Introversi
Sensing versus iNtution
Thingking versus Feeling
Judging versus Perceiving

Menggunakan skala mulai dari Sangat Setuju hingga Sangat Tidak Setuju, peserta mengevaluasi diri sendiri perilaku dan pandangan mereka terhadap dunia.

“The Visionary”—Melihat visi seorang ENTP

Tipe kepribadian ENTP sering disebut sebagai “The Visionary.” Julukan ini merupakan cerminan dari kombinasi unik dari ciri-ciri kepribadian yang membentuk tipe kepribadian ENTP. Faktanya, tipe kepribadian ENTP adalah salah satu yang paling langka, hanya terdiri dari 3% dari total populasi.

Baca juga: Mengenal Dewett Rules, Kunci Untuk Jadi Leader Hebat

Apa yang membuat tipe kepribadian ENTP sangat unik adalah kombinasi dari sifat ekstraversi, intuisi, pemikiran, dan persepsi mereka.

Ekstraversi ENTP mengacu pada fokus lahiriah mereka dalam hidup. Individu ekstrovert lebih suka menghabiskan waktu di sekitar orang lain dan senang menjadi pusat perhatian. Mereka suka memecahkan masalah dalam pengaturan kelompok dan sering mengungkapkan ide mereka dengan lantang untuk memproses pemikiran mereka.

Intuisi seorang ENTP menunjukkan bagaimana tipe kepribadian ini lebih suka mengumpulkan informasi. Orang-orang ini dapat melihat gambaran besarnya dan menikmati merenungkan “bagaimana jika” dan “apa yang bisa terjadi”. Mereka merasa nyaman dalam dunia teoretis dan imajinatif.

Apa yang membuat ENTP unik adalah dipasangkan dengan ekstraversi dan intuisi ini adalah sifat berpikir mereka. Berpikir mengacu pada bagaimana tipe kepribadian ENTP lebih suka membuat keputusan. Sementara ENTP dapat menjelajahi dunia imajinatif, ketika waktu pengambilan keputusan bergulir, mereka lebih suka mengandalkan logika dan fakta.

Menyempurnakan ENTP dengan sifat persepsi mereka. Mereka yang memiliki ciri kepribadian persepsi tidak takut dengan improvisasi.

Mereka senang memikirkan hal-hal saat mereka pergi dan percaya bahwa tidak semua aturan layak untuk diikuti. Di sinilah tipe kepribadian ENTP bersinar sebagai inovator. Individu ENTP akan siap melihat visi untuk solusi baru.

Tinggalkan Balasan