Topcareer.id – Banyak pekerja jarak jauh menyebut rumah mereka sebagai kantornya. Tentunya jika bekerja remote atau jarak jauh maupun dari rumah, kamu harus memaksimalkan produktivitas.
Ada beragam tools pendukung yang bisa membantu kamu makin produktif saat bekerja remote, semuanya hadir dengan versi gratis atau menawarkan opsi berbayar dengan harga terjangkau.
Mengutip venturehrbour.com, berikut ini pilihan tools yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas saat kerja remote.
Lanjutan dari bagian pertama artikel
6) Zoom (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Zoom menawarkan rangkaian lengkap konferensi video dan alat komunikasi untuk bisnis.
Produk ini paling menonjol pada fitur Zoom Meetings & Chat, yang menawarkan panggilan video dan suara untuk rapat anggota dari jarak jauh.
Fitur utama:
Video meetings, Voice calls, Webinars, Messaging, File sharing, Rapat video
Versi gratis Zoom, cukup untuk sebagian besar tim kecil. Hanya perlu meningkatkan ke versi berbayar jika rapat berlangsung lebih dari 40 menit.
7) Slack (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Slack adalah platform berkirim pesan yang dirancang untuk tim dan merupakan alat komunikasi yang ideal untuk pekerja jarak jauh.
Pengolahan pesan instan diatur ke dalam channel di mana anggota tim dapat bergabung dan pergi sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada yang menerima pesan atau pemberitahuan yang tidak relevan dengan mereka.
Fitur utama:
Instant messaging, Status, File sharing, Drag-and-drop file sharing for PDFs, images, videos and other common files types, Voice & video calls, Screen sharing.
Manfaat nyata Slack adalah untuk pekerja jarak jauh yang perlu berkolaborasi dengan anggota tim di lokasi lain, salah satu masalah paling umum yang dikutip oleh pekerja jarak jauh.
8) Serene (Mac)
Serene adalah aplikasi gratis untuk OS Mac yang membantumu mencapai produktivitas maksimum setiap hari.
Serene mendorong untuk menetapkan satu tujuan harian dan tetap fokus untuk mencapainya sepanjang hari.
Aplikasi ini memblokir akses ke situs web dan aplikasi yang mengganggu selama sesi kerja sambil membungkam ponsel kamu.
Fitur utama:
Website blocker, App blocker, Distraction-free sessions, Session timer, To-do lists, Day planner, Focus music, Phone silencer.
Serene membagi hari kamu menjadi serangkaian sesi kerja pendek dan istirahat reguler, memberimu fokus maksimal saat bekerja dan istirahat yang cukup untuk menjaga pikiran segar sepanjang hari.
Baca juga: 6 Tips Bonding dengan Kolega di Tempat Kerja Remote
9) Toggl (Windows, Mac, iOS, Android, Chrome, Firefox)
Toggl adalah aplikasi pelacakan waktu yang menunjukkan berapa banyak waktu yang bisa kamu habiskan untuk tugas.
Dirancang untuk pekerja jarak jauh sejak awal dengan gagasan membantu freelancer memastikan mereka menagih secara akurat untuk proyek dan dibayar untuk jumlah waktu yang dihabiskan untuk proyek.
Fitur utama
Time tracking, Boost profits, Reports, Cross-platform
Jika kamu adalah pekerja perusahaan jarak jauh, maka Toggl bisa membantu meningkatkan produktivitas dengan menentukan tugas yang membutuhkan waktu lebih lama dari seharusnya.
10) Chrome Remote Desktop (iOS, Android, ekstensi Chrome)
Chrome Remote Desktop memungkinkan kamu mengakses komputer dengan aman dari ponsel, tablet, atau komputer lain.
Pada dasarnya, ini berarti kamu dapat mengakses mesin kerjamu dari mana saja, kapan saja tanpa khawatir tentang risiko keamanan.
Fitur utama:
Remote access, Remote support, Screen share
Fungsi kunci lainnya dari Chrome Remote Desktop adalah untuk menghubungkan perangkat kamu dengan sesama rekan tim.
Ini berarti kamu dapat memberikan akses ke komputermu dan menerima dukungan jarak jauh, memungkinkan kolega untuk melihat layar kamu dan mengendalikan komputermu untuk menyelesaikan masalah teknis.**(Feb)