Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Bonding dengan Kolega di Tempat Kerja Remote (Bagian 1)

Sistem kerja hybrid atau kerja remote.Ilustrasi meeting online - Sistem kerja hybrid atau kerja remote.

Topcareer.id – Perlu diakui bahwa sosialisasi secara offline lebih minim tantangan, termasuk dalam meningkatkan engagement di tempat kerja. Namun, sekarang kerja hybrid atau jarak jauh lebih diminati. Tapi, bagaimana bonding dengan karyawan lainnya jika kerja serba online?

“Jika kamu memiliki hubungan pribadi yang kuat di tempat kerja di masa-masa sulit dan saat-saat menyenangkan, kamu akan memiliki sistem pendukung yang lebih baik, dan itu sangat penting tidak hanya untuk kebahagiaanmu, tetapi juga untuk kesuksesan profesionalmu,” kata Jennifer Benz, wakil presiden senior di perusahaan konsultan SDM, Segal, dikutip dari laman CNN.

Jika kamu bergabung dengan perusahaan dari jarak jauh atau hanya sesekali melihat tim secara langsung, berikut adalah beberapa cara untuk mengenal mereka lebih baik atau bonding yang baik:

1. Tunjukkan maksud secara jelas

Ketika perkenalan dengan jalan-jalan spontan untuk minum kopi bukanlah pilihan, kamu harus lebih berhati-hati dalam mengatur obrolan dalam berkenalan.

“Ini akan membutuhkan usaha … saat kamu anak baru dan ingin menjalin hubungan dengan rekan lain. Mereka tidak akan datang kepadamu, kamu yang harus mendatangni mereka, yang berarti kamu harus mengeluarkan usaha ekstra yang tampak alami,” kata Tessa White, CEO The Job Doctor

Mintalah rekomendasi kepada manajermu tentang orang-orang yang dapat dihubungi dan terhubung. Dia menambahkan bahwa mengajukan pertanyaan seperti: “Bagaimana saya dapat membantu Anda dalam pekerjaan Anda?” atau “Beri tahu saya sesuatu yang Anda ingin saya ketahui yang tidak saya ketahui tentang Anda”, dapat membantu memulai percakapan.

Baca juga: 7 Hal Yang Perlu Diingat Untuk Bikin Resume Masa Kini (Bagian 1)

2. Mulai dengan seorang teman

Jika proses orientasi perusahaanmu tidak menyertakan orang yang ditugaskan untuk membantumu mengenal organisasi, Benz menyarankan mintalah seseorang. Dan orang itu seharusnya bukan manajermu.

Periksa buku panduan perusahaan atau situs web internal untuk cara lain terhubung dengan rekan kerja, termasuk kelompok sumber daya karyawan (ERG), program bimbingan, atau kegiatan sukarela.

“Itu akan menjadi kesempatan lain untuk bertemu orang-orang dan membangun koneksi di luar kelompok langsung orang-orang yang bekerja denganmu sehari-hari,” kata Benz. Kamu juga dapat meminta untuk terhubung dengan karyawan baru lainnya — meskipun mereka tidak ada dalam tim.

3. Tetapkan tujuan: kecil dan besar

Saat memulai pekerjaan baru, selalu merupakan ide yang baik untuk menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk posisimu, dan juga memetakan hubungan yang ingin kamu kembangkan, saran Pelatih karier, Octavia Goredema.

“Pikirkan tentang dukungan siapa yang akan menjadi sangat penting bagi kesuksesanmu,” katanya.

Misalnya, tujuan jangka pendek dapat berupa mengingat nama orang-orang di tim dan mengetahui sesuatu yang spesifik tentang mereka. Tujuan jangka panjang dapat berupa mempelajari harapan manajer dan tim, termasuk mengetahui bagaimana mereka suka berkomunikasi, bagaimana mereka berinteraksi, dan apa yang dapat disampaikan.

Leave a Reply