Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Kunjungi Perusahaan Pembuat Kapal di Korea, Menaker Bahas Peluang Kerja bagi WNI

Topcareer.Id – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah melakukan kunjungan kerja ke Hyundai Heavy Industry (HHI) pada Jumat (2/12/2022) di Ulsan, Korea Selatan. Menaker berkunjungan ke perusahaan produsen kapal ini dalam rangka membahas peluang kerja bagi angkatan kerja di Indonesia.

Menaker mengatakan, saat ini Indonesia sedang memasuki puncak bonus demografi yang ditandai dengan jumlah usia produktif yang mencapai 70 persen dari penduduk Indonesia.

Menurut Menaker, dari jumlah usia produktif ini tidak sedikit angkatan kerja Indonesia yang menginginkan bekerja ke luar negeri dengan tujuan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang tidak mereka dapatkan di dalam negeri.

“Oleh karena itu, kami memandang perlu untuk membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi angkatan kerja di Indonesia, baik peluang kerja di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Menaker.

Baca juga: Begini Ketentuan dan Alur Sistem Seleksi Mahasiwa Baru PTN 2023

Menaker mengemukakan bahwa di Indonesia terdapat 15 lembaga pendidikan tinggi yang terdiri atas universitas, politeknik, dan akademi teknik dengan pilihan program studi kelistrikan kapal, permesinan kapal, dan desain bangunan kapal.

Selain itu, di Indonesia juga terdapat 14 sekolah menengah kejuruan di Indonesia dengan pilihan kompetensi yang ditawarkan adalah konstruksi kapal baja, mesin kapal, desain dan rancang bangun kapal, interior kapal, kelistrikan kapal, permesinan kapal, dan pengelasan kapal.

Menaker menyatakan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terampil pada umumnya telah mengikuti pelatihan sesuai dengan sektor yang mereka minati dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang. Dengan keterampilan yang tersertifikasi itu, mereka siap untuk mendukung perkembangan usaha perusahaan HHI.

“Mereka memiliki sertifikasi yang terstandar secara nasional di bawah BNSP untuk membuktikan bahwa mereka kompeten dan layak untuk suatu pekerjaan tertentu,” ucapnya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan