Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat sidak. (dok. Kemendag)Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat sidak. (dok. Kemendag)

Topcareer.id – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa harga barang kebutuhan pokok (bapok) secara umum stabil dan stok aman jelang peringatan hari besar keagamaan Natal dan tahun baru 2023.

“Saya telah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan resminya, dikutip Senin (5/12/2022).

Mendag Zulkifli Hasan memastikan barang kebutuhan pokok akan terus tersedia. Jika ada gejolak harga, Pemerintah akan langsung bertindak dengan memberikan subsidi, baik untuk harga maupun untuk biaya logistik.

“Pemerintah menjamin ketersediaan barang pokokdan jika ada kenaikan harga, langsung disubsidi melalui Pemerintah Daerah,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pada pertemuan ini Mendag Zulkifli Hasan menerima beberapa aduan dari masyarakat. Di antaranya terkait pengurusan izin impor produk hortikultura.

Mendag Zulkifli Hasan meminta importir memenuhi persyaratan sesuai aturan dan mengutamakan impor komoditas yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.

“Produk hortikultura yang mampu kita hasilkan tidak perlu impor. Utamakan buah-buahan dan sayur-sayuran lokal. Buah yang sudah ada di dalam negeri tidak perlu diimpor lagi,”tandas Mendag Zulkifli Hasan,” ucap Mendag.

Baca juga: LRT Jakarta Buka Loker Minimal SMK, Begini Syarat Daftarnya

Mayarakat juga menyampaikan aduan terkait kenaikan harga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe. Mendag Zulkifli Hasan menyatakan, Pemerintah menugaskan Bulog untuk mengimpor 300 ribu ton kedelai dan akan dijual dengan harga sekitar Rp11.000 per kilogram jika harga impornya Rp12.000 per kilogram.

“Pemerintah telah mendorong PerumBuloguntuk melakukan importasi secara langsung dari negara produsen guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga kedelai di pasar.Jadi perajin tahu dan tempe dapat membeli dari Perum Bulogdengan harga yang terjangkau,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga menerima aduan terkait kenaikan harga minyak goreng. Namun, Kementerian Perdagangan memastikan masyarakat mendapatkan minyak goreng curah dan kemasan dengan merk “Minyakita” dengan harga Rp14.000/liter.

Mendag Zulkifli Hasan meminta masyarakat tidak segan melaporkan oknum pelaku usaha yang tidak taat aturan resmi. “Kalau ada yang melakukan impor tak sesuai aturan, masyarakat bisa melaporkan biar kita tindak tegas,” tutup Mendag Zulkifli Hasan.

Leave a Reply