Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Waspada! 5 Jenis Penipuan Ini Marak Saat Musim Libur Akhir Tahun

Contoh penipuan di email.Contoh penipuan di email. (dok. Google)

Topcareer.id – Menjelang libur Natal dan Tahun baru, yang ramai bukan cuma soal tiket liburan, tapi juga percobaan penipuan. Mulai dari penipuan pemberian hadiah, donasi, perpanjangan langganan, kripto atau berbagai produk dan layanan lain.

Google terus berupaya untuk dapat membantu seluruh pengguna terhindar dengan penguatan pengamanan digital, termasuk kontrol phishing dan malware tingkat lanjut, diaktifkan secara default, yang memastikan pengguna terlindungi dari ancaman penipuan. Menurut Google, berikut ini 5 penipuan yang harus diwaspadai di musim liburan akhir tahun.

1. Kartu hadiah dan hadiah

Ketika musim belanja sedang ramai, demikian juga kartu hadiah dan penipuan giveaway. Penipu mungkin mencoba mengelabui orang agar membelikan kartu hadiah untuk mereka—terkadang dengan menyamar sebagai kontak yang dikenal—atau memberikan hadiah gratis sebagai imbalan untuk memberikan informasi kartu kredit mereka.

Jika kamu menerima email dari teman di Praha atau Pennsylvania yang memintamu untuk membelikan mereka kartu hadiah, segera kontak melalui SMS untuk mengonfirmasi bahwa mereka benar-benar mengirimkan permintaan tersebut. Dan jika giveaway terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu mungkin saja penipuan.

2. Donasi palsu

Penyerang tidak memperlambat aksinya selama musim berbagi. Faktanya, penipuan terkait amal dan upaya phishing semakin buruk sepanjang tahun ini, merugikan baik mereka yang menjadi korban penipuan maupun badan amal yang akan mendapat manfaat dari pemberian tersebut.

Apakah itu berupa amal yang terkait dengan subjek tertentu dalam pemberitaan ataupun organisasi yang dikenal, waspadai siapapun yang memintamu untuk menghubungi mereka di email pribadi mereka atau mengirim uang kepada mereka secara langsung.

3. Penargetan demografis

Penipuan yang paling merusak adalah yang ditargetkan khusus untukmu. Penipuan ini mungkin tampak lebih pribadi karena menyertakan beberapa elemen spesifik dalam hidup atau identitasmu.

Baca juga: Apakah Pasanganmu Gaslighter? Ini 3 Tanda Bahaya Yang Bisa Diperhatikan

Baik itu memalsukan komunikasi dari anggota POMG sekolah atau mengirim email penipuan yang ditargetkan pada kelompok usia tertentu, selalu buka mata Anda untuk email mencurigakan berbasis identitas di musim liburan ini.

4. Perpanjangan langganan

Saat mendekati akhir tahun, penipuan pembaruan langganan dapat melonjak. Sejumlah email tertentu seringkali lolos dari deteksi antivirus sehingga memikat pengguna yang menjadi korban dengan iming-iming peningkatan keamanan.

Meskipun beberapa penipu dapat membuat pesan mereka terlihat sangat meyakinkan, selalu pastikan untuk memeriksa email pengirimnya. Jika terlihat tidak aktif, maka bisa jadi penipuan.

5. Penipuan kripto

Penipuan berbasis kripto dapat merajalela sepanjang tahun ini. Umumnya penipuan ini menggunakan mata uang kripto untuk menagih pembayaran dan sering mencoba memeras dana dari korban melalui ancaman.

Gmail akan memperingatkanmu tentang permintaan yang tidak masuk akal ini, tetapi penting juga untuk mengetahui cara menemukannya sehingga kamu dapat terhindar menjadi korban. Beberapa tanda bahaya yang harus kamu waspadai adalah kesalahan ketik, alamat email yang tampak salah, atau permintaan pembayaran.

Tinggalkan Balasan