Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Profesional

Eric Sudrajat, Drummer Muda Berprestasi yang Ingin Jadi Dokter

Foto: Doc Pribadi Topcareer IDFoto: Doc Pribadi Topcareer ID

Topcareer.id – Kepiawaian menggebuk set drum yang rumit hingga meraih banyak prestasi dalam kompetisi drum tak menghalangi Eric Shaquille Sudrajat (15) untuk tetap fokus dengan cita-citanya menjadi seorang dokter.

Putra dari pasangan Arief Sudrajat dan Dian Purwandani yang lahir di Jakarta 7 Februari 2007 ini sudah mulai suka dan memainkan instrumen drum sejak berusia empat tahun.

Hingga sekarang, keterampilannya memainkan drum dengan banyak trik sulit terus meningkat. Kemampuannya telah mengantarkan Eric memperoleh beberapa penghargaan dari kompetisi drum internasional seperti dari Italia dan Hong Kong.

Dengan padatnya aktvitas sekolah Eric di Lab School Rawamangun Jakarta Timur, Eric sudah cukup hebat untuk mampu mengimbangi semuanya.

Prestasi akademiknya di sekolah terjaga dengan sangat baik. Begitu juga sisi musik sebagai solo drummer-nya, yang dibuktikan melalui prestasi di skala nasional maupun internasional.

Pada Sabtu (3 Desember 2022) Topcareer.id, mendapat kesempatan untuk bertemu dan wawancara dengan Eric di studio pribadinya di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepada Topcareer, Eric menceritakan bahwa ia mulai main drum sejak usia empat tahun, dan pernah masuk sekolah musik untuk menambah keterampilannya.

“Pertama main drum sejak usia empat tahun, suka main drum gara-gara dipilihin Papi untuk main drum dan ternyata suka. Awalnya sekolah drum di Chic Music Rawamangun, lalu lanjut di GML beberapa bulan, habis itu otodidak sampai sekarang.” Ujar Eric.

Untuk waktu latihannya, Eric benar-benar disiplin membagi waktunya antara untuk belajar sekolah dan main drum.

Rata-rata Eric menghabiskan waktu untuk berlatih sampai dua hingga tiga jam, sebab latihan tidak bisa selalu setiap hari karena harus sekolah dan mengerjakan banyak tugas lain.

Drummer favorit yang paling menginspirasi

Kepiawaian Eric memainkan drum tak lepas dari latihan keras yang ia lakukan dan inspirasi dari drummer-drummer hebat yang Eric suka.

“Aku suka Mike Portnoy, Carter Beauford, sama Simon Phillips semua keren. Tapi drummer pertama yang paling menginspirasi sih Casey Cooper.” Kata Eric.

Saat ditanya aliran musik yang paling disukai, Eric mengatakan bahwa dirinya sekarang tengah menyukai aliran progressive metal, dan band favoritnya adalah Dream Theatre.

Kompetisi dan prestasi

Keterampilan bermain drum yang cukup expert dari Eric ia buktikan dengan mengikuti beragam kompetisi di dalam negeri dan juga internasional.

Beberapa kompetisi yang pernah Eric ikuti antara lain: Sopravista International Festivals (2021) meraih medali emas, London Classical Music Competition (2022) juara ketiga, dan Hong Kong International Drummer Festival untuk wilayah Asia Pasifik (2021) sebagai 1st Runner Up.

“Level internasional aku pernah ikut di kompetisi Hong Kong International Drummer Festival, alhamdulilah menang dapet juara dua, ada lagi seperti London Music Competition, terus ada juga Sopravista di Italia, sama yang nasional pernah ikut talent show di bandung.” Tutur Eric.

“Pencapaian tertinggi so far yang di Hong Kong, soalnya itu yang paling susah kompetisinya.” Tambahnya.

“Kalau yang paling berkesan, jujur itu yang waktu tampil di Solo 19 Agustus 2022 buat acara Hammer Drum Competition, audiensnya masih anak-anak, cuma ya asiknya di situ, penontonnya juga rame banget.” Kata Eric bangga.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan