Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kini Pendaftaran Internsip Dokter dan Dokter Gigi Makin Mudah dan Transparan

internship2-getty- maganginternship2-getty- magang

Topcareer.id – Kememterian Kesehatan (Kemkes) memperbarui platform Sistem Informasi Program Internship Dokter dan Dokter Gigi Indonesia (SIMPIDI 2.0) guna mempermudah proses serta lebih transparan.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menyebutkan bahwa pembaruan kali ini fokus pada sistem pemilihan wahana internsip yang lebih transparan dan berkeadilan dibandingkan versi sebelumnya.

Pada versi terbaru ini, para peserta Internsip bisa mendapatkan rekomendasi wahana sesuai provinsi pilihan, sekaligus dapat memonitor pelaksanaan internsip secara mandiri melalui Fitur Monitoring Proses Rekrutmen melakukan registrasi pada SIMPIDI 2.0.

“Bila semula peserta bebas memilih wahana sesuai domisili Kartu Keluarga (KK), yang mana hal ini berpotensi dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, kini dengan pembaruan SIMPIDI 2.0, wahana dapat dipilihkan oleh sistem sesuai domisili KK,” kata Wamenkes dikutip dari siaran pers, Kamis (15/12/2022).

Lebih lanjut Dante menyebutkan, tak hanya itu, pada fitur SIMPIDI 2.0 juga semakin lengkap dengan adanya proses pemilihan wahana, unduh Pakta Integritas, serta jadwal dan berita terkini terkait program internsip.

“Kita terus lengkapi untuk memudahkan para peserta internsip yang akan mendaftar,” ujar Wamenkes.

Platform SIMPIDI sendiri sudah digunakan untuk pendaftaran internsip sejak tahun 2014. Hingga tahun 2022, jumlah peserta yang telah ditempatkan sejumlah 98.209 dokter di 34 provinsi, yang berasal dari 74 Fakultas Kedokteran, dengan melibatkan 2.500 dokter pendamping internsip di 1.824 Wahana baik Rumah Sakit dan Puskesmas.

Baca juga: Kemnaker Resmi Luncurkan Pedoman Konsultasi Pencegahan HIV-AIDS

Program Internsip Dokter Gigi (PIDGI) Perdana baru dilaksanakan pada bulan November Tahun 2022. Sebanyak 392 dokter gigi yang berasal dari 25 FKG telah ditempatkan di 17 Provinsi, pada 43 Paket wahana di 42 Kabupaten / Kota.

Melihat manfaatnya yang besar bagi pemenuhan dan pemerataan layanan kesehatan di Indonesia, Wamenkes mendorong agar kedepan SIMPIDI terus dikembangkan dan ditingkatkan.

“Saya berharap aplikasi ini dapat mempermudah dan juga bermanfaat bagi semua pengguna dan stakeholder Program Internsip Dokter dan Dokter Gigi Indonesia. Kami juga tetap menunggu masukan untuk penyempurnaan dan pengembangan SIMPIDI 2.0,” harap Wamenkes.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Arianti Anaya melaporkan bahwa dengan diresmikannya peluncuran SIMPIDI 2.0, diharapkan tidak ada lagi kendala seperti isu jasa klik, joki pilih wahana, joki mengisi e- Log Book kinerja, server eror serta monitoring dan evaluasi yang masih terbatas, sehingga siap digunakan pada penerimaan peserta internsip di awal tahun 2023.

“Setelah launching ini, pada penerimaan Januari 2023, kita sudah akan menggunakan sistem yang baru,” kata Dirjen Arianti.

Leave a Reply