Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalSekolahTren

Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Desain Komunikasi Visual

Ilustrasi graphic designer.Ilustrasi graphic designer.

Topcareer.id – Jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV) kini dinilai punya peluang dan prospek kerja yang menjanjikan di era digitalisasi. Apalagi ketika banyak industri saat ini yang membutuhkan “tangan-tangan kreatif” untuk membangun keberlangsungan branding bisnis.

Sebagai salah satu cabang ilmu desain di perguruan tinggi, jurusan DKV dituntut untuk mahir dalam menyampaiakn pesan melalui visual gambar ataupun audio visual dengan kreatif.

Dosen DKV UM Surabaya, Agus Budiman lantas membagikan peluang kerja untuk lulusan DKV yang menjanjikan.

1. Ilustrator

Agus mengatakan, profesi illustrator kian hari makin diminati para generasi muda, ilustrator bertugas untuk menyediakan gambar ilustrasi untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan dalam bentuk gambar yang menarik.

“Banyak perusahaan maupun instansi yang memberikan gaji besar untuk ilustrator, pasalnya menciptakan karya, illustrator harus berpikir kreatif agar visual yang dihasilkan mampu menyampaikan pesan tanpa menamabhkan kata-kata,” kata Budi dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Selasa (13/12/22)

2. Desain Graphic

Budi menyebut, lapangan pekerjaan dari graphic designer terbilang cukup luas. Pasalnya, di era digital perusahaan butuh promosi dengan desain gambar yang bagus dan nyaman dilihat.

“Seorang desain grafis punya kapasitas dalam hal mengatur komposisi, warna serta karakter desain, sehingga sangat dibutuhkan dalam hal branding sebuah perusahan maupun instansi,” tambah Budi.

Baca juga: Apakah Kamu Menyukai Pekerjaanmu? Pakai Metode 15-5 Untuk Mencari Tahu

3. Animator

Menurut Budi, profesi animator berkaitan dengan seni menciptakan ragam gambar yang akan membentuk ilustrasi bergerak pada saat ditayangkan. Pekerjaan ini menjadi impian anak muda di dunia animasi.

Seorang animator bisa kerja di industri film, televisi, iklan, olahraga, bahkan video game. Animasi juga cocok digunakan dalam membuat media pembelajaran berbasis video animasi yang kece.

4. Editor Video

Profesi editor video saat ini selalu dibutuhkan dalam branding perusahaan. Editor video bertanggung jawab dalam memilih, merangkai ataupun memanipulasi beberapa materi video, sehigga dibutuhkan jiwa seni tinggi untuk menjadi satu video yang kreatif.

5. Mobile Creative Design

Budi menyampaikan, profesi ini berkaiatan dengan perancangan desain dari sebuah aplikasi pada platform mobile yang didasarkan pada pengembangan kreativitas, sehingga tidak hanya menghasilkan desain yang fungsional tetapi juga menarik.

“Profesi ini selalu menjadi rebutan perusahan dan instansi digital,” pungkas Budi.

Leave a Reply