Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Menko PMK Sebut Kondisi Ketenagakerjaan Indonesia Tak Mengkhawatirkan

Mudik dibolehakan di masa pandemi dengan syarat booster.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (foto: Kemenko PMK)

Topcareer.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi PT Yuro Mustika, di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, demi mengecek nasib para pekerja di tengah maraknya isu pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dalam kunjungannya pada Rabu (28/12/2022), Menko PMK mendapatkan laporan dari Koordinator PT Yuro Mustika Mr. Yung dan Manajer Lina, bahwa perusahaan berjalan dengan stabil. Di perusahaan juga tidak melakukan PHK pada karyawannya.

Dari laporan juga dijelaskan, produksi wig juga mendapatkan pasar global dan produk telah diimpor ke mancanegara. Bahkan dari laporan didapatkan, dalam waktu dekat, perusahaan akan melakukan ekspansi untuk menambah produksi.

“Alhamdulillah produksinya dikirim langsung ke Amerika dan kebutuhannya stabil. Sehingga sampai sekarang tidak ada PHK. Bahkan Mr. Yung menyatakan dalam waktu dekat juga akan ada ekspansi menambah produksi, dan tentu saja akan menambahkan karyawan,” kata Muhadjir dikutip dari siaran pers.

PT Yuro Mustika Purbalingga memiliki sebanyak kurang lebih 1.200 karyawan yang menggantungkan hidupnya dari perusahaan. Dari jumlah itu, 90 persen di antaranya adalah karyawati.

Baca juga: Soal Rencana Pelarangan Penjualan Rokok Batangan, Ini Jawaban Presiden

Menurut penjelasan pihak perusahaan, fasilitas untuk seluruh karyawan telah dipenuhi dengan baik. Gaji karyawan yang sesuai standar Upah Minimum Kabupaten (UMK), hak-hak karyawan seperti jatah cuti, jatah bonus lembur dipenuhi dengan ketentuan yang ada.

Untuk itu, dengan merujuk kondisi PT Yuro Mustika, Menko Muhadjir optimis kondisi industri dan ketenagakerjaan di Indonesia tetap terkendali dan tidak mengalami guncangan parah karena masih banyaknya permintaan pasar di tingkat global.

“Jadi Insya Allah kondisi ketenagakerjaan di Indonesia tidak akan terlalu mengkhawatirkan. Hanya di sektor tekstil, sepatu, garment, startup yang mengalami goncangan. Tetapi di sektor lain untuk ekspor dan produknya Insya Allah aman,” ujar Menko Muhadjir.

Tinggalkan Balasan