Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Maret 24, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Siapapun Bisa Jadi Pemimpin! Mulailah dengan Langkah Ini (Bagian 1)

Maju dalam karier.Work. Dok/cleverism.com

Topcareer.Id – Apakah Anda pernah bermimpi untuk menjadi seorang pemimpin? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk mewujudkannya.

Siapa saja sebenarnya bisa menjadi leader. Karena pada dasarnya, jiwa kepemimpinan itu ada di diri kita semua.

Yang menjadikannya berhasil atau tidak, adalah keteguhan kita dalam memupuk kemampuan itu, dan keberanian untuk mengaplikasikannya di keseharian kita.

Lalu, jika niat itu begitu kuat, darimana kita harus memulainya? Mengutip dari laman Entrepreneur, berikut beberapa langkah awal yang bisa Anda coba.

Tegaskan ke diri Anda jika Anda adalah seorang pemimpin
Rata-rata orang terbangun dengan pikiran bahwa diri mereka hanyalah bidak, dan lahir untuk mendengarkan arahan. Ini adalah afirmasi yang harus mulai dihentikan, apabila Anda berniat untuk membangunan jiwa kepemimpinan di dalam diri Anda.

Percayalah, ketika Anda mulai mematahkan kebiasaan di atas, dan mulai mempelajari cara untuk memimpin, maka bibit-bibit kepemimpinan yang selama ini terkubur di diri Anda, akan pelan-pelan bereaksi, layaknya seperti benih tanaman yang terkena sinar matahari pagi.

Yang perlu diingat, jangan pernah berhenti belajar dan berusaha. Manfaatkanlah berbagai hal yang datang kepada Anda, untuk Anda sikapi dengan sikap seorang pemimpin. Dari situ, kemampuan Anda perlahan-lahan akan terasah, hingga akhirnya menunjukkan sisi terbaik dari diri Anda, yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Tinggalkan mitos-mitos lama soal kepemimpinan
Mitos kepemimpinan seperti jamur. Mereka dapat melapisi benih Anda dan merusak kemampuannya untuk tumbuh.

Beberapa mitos terburuk, termasuk konsep bahwa “pemimpin itu dilahirkan, bukan ditempa.” Dan bahwa “ jabatan atau gelar hebat, sama dengan pemimpin hebat.”

Faktanya, Kepemimpinan jauh lebih luas daripada mitos yang salah kaprah itu. Para Pemimpin bahkan ada di setiap tingkatan profesi. Mereka hadir memberikan bimbingan, motivasi, serta menginspirasi di sekitar mereka.

Jadi, lepaskan diri Anda dari mitos-mitos yang keliru. Jangan pernah menunggu untuk memiliki jabatan tinggi dahulu, untuk bisa melahirkan jiwa kepemimpinan dari diri Anda.

Sebaliknya, biarkan kepemimpinan Anda berkobar, dan mengantarkan Anda menuju kesuksesan, lewat sikap positif Anda yang menginspirasi banyak orang.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan