Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Soal Skema Tarif KRL untuk Orang Kaya, Wapres: Diuji Coba Dulu

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (dok. wapresri)

Topcareer.id – Terkait wacana perubahan sistem tarif KRL pada 2023 yang akan dilakukan pembedaan golongan penumpang, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan agar perubahan skema ini dapat diuji coba terlebih dulu sehingga implementasinya berjalan dengan baik.

Kementerian Perhubungan kini tengah melakukan kajian terhadap perubahan tarif KRL dengan pembedaan golongan penumpang dalam mendapatkan tariff subsidi dan non-subsidi.

“Jadi, karena ini sebagai satu ide yang diterapkan dalam rangka cross subsidy (subsidi silang), pemerintah akan melakukan uji coba lebih dahulu,” kata Wapres dalam keterangan persnya pada Kamis (29/12/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, uji coba merupakan faktor penting sebelum penerapan kebijakan baru diterapkan. Sebab, melalui langkah ini, dapat diketahui kekurangan dan kelebihan dari sebuah rencana dan dapat dilakukan penyempurnaan setelahnya.

Baca juga: Ada 8 Hari Cuti Bersama 2023 Yang Ditetapkan Presiden, Cek Tanggalnya

“Apakah nanti implementasinya seperti apa, mungkin perlu diuji coba dulu seperti apa hasilnya, bagaimana kekurangan-kekurangannya. Sebab, satu ide yang baik itu kadang-kadang juga perlu, implementasinya perlu dicoba, dipaskan, ditepatkan, sehingga nanti diketahui hal-hal yang perlu diperbaiki,” jelas Wapres.

Wapres pun menilai rencana perubahan skema tarif KRL ini merupakan sebuah upaya baik. Dimana, nantinya akan terjadi subsidi silang antara penumpang yang mampu dan penumpang yang berhak menerima subsidi tarif.

“Kalau idenya kan baik, supaya yang kuat itu menolong yang lemah, dan memang pembebanan itu supaya disesuaikan dengan daya pikulnya. Idenya sudah, ya cross subsidy, istilahnya cross subsidy ini, yang kuat membantu yang lemah, itu idenya sudah betul,” imbuh Wapres.

Leave a Reply