Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Catat! Ini Titik-Titik Acara Tahun Baru 2023 di Ibu Kota Jakarta

Sumber foto: Freepik.comSumber foto: Freepik.com

Topcareer.id – Menyambut Tahun Baru 2023, Pemerintah provinsi DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara yang tersebar di beberapa titik Ibu Kota. Puncak perayaan Tahun Baru akan dilaksanakan di Panggung Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 31 Desember yang dimulai pada 20.00-01.00 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, mengatakan, Festival Malam Tahun Baru 2023 akan menjadi perayaan tahun baru pertama yang dilaksanakan di ruang terbuka setelah beberapa tahun tidak terselenggara dikarenakan pandemi COVID-19.

Namun, kata dia, para pengisi acara telah divaksinasi dan diimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk tetap menjaga prokes.

“Pada waktu yang sama akan digelar juga ‘Malam Muda-Mudi’ dengan konsep acara car free night di sepanjang Jl. MH. Thamrin hingga Jl. Sudirman. Di sepanjang lokasi ini, akan ada sejumlah lokasi titik hiburan kesenian yang terdapat panggung hiburan dengan menyuguhkan berbagai genre musik yang berbeda-beda,” kata Andhika dalam siaran pers, dikutip Jumat (30/12/2022).

“Setiap lokasi titik hiburan kesenian akan diisi dengan penampilan band dan kesenian yang berbeda di setiap panggung, dengan pengisi acara sejumlah artis dan penampilan seni yang tengah disiapkan oleh Disparekraf Provinsi DKI Jakarta,“ tambah Andhika.

Lokasi titik hiburan kesenian pada “Malam Muda-Mudi”, antara lain: Area Pos Bloc, Area Sarinah, Area Stasiun MRT Bundaran HI, Area Jl. Imam Bonjol Bundaran HI, Area Da Vinci Penthouse, Area SCBD, Area FX Sudirman, Area Patung Pemuda Membangun, dan Area M Bloc Space.

Selain itu, dalam memeriahkan Festival Malam Tahun Baru 2023 diselenggarakan juga festival di berbagai tingkat kota/kabupaten yang berada di enam lokasi, yaitu :

Kota Jakarta Pusat berlokasi di Thamrin 10;
Kota Jakarta Utara di Halaman Wali Kota Jakarta Utara;
Kota Jakarta Barat di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat;
Kota Jakarta Selatan berlokasi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan;
Kota Jakarta Timur berlokasi di Old Shanghai; dan
Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Baca juga: KAI Catat 1 Juta Orang Bepergian Naik Kereta Api Selama Libur Nataru

Untuk Kawasan Monumen Nasional (Monas) terbuka untuk publik dan akan beroperasi sampai dengan pukul 01.00 WIB, serta di Kawasan Monas akan ada suguhan air mancur menari mulai pukul 19.30 WIB dan atraksi lampu warna warni mulai pukul 18.00 WIB. Sedangkan, di Kawasan Kota Tua akan beroperasi sampai dengan pukul 01.00 WIB yang dimeriahkan penampilan komunitas-komunitas Kota Tua.

Adapun, destinasi wisata yang turut serta dalam menyambut libur sekolah dan memeriahkan perayaan tahun baru 2023 adalah Ancol Taman Impian yang akan menggelar sejumlah atraksi yang bisa menjadi pilihan warga Jakarta untuk berlibur dan merayakan tahun baru dengan acara menarik yang digelar.

Acara tersebut seperti parade, bazar seni, street art performance, live music, serta pertunjukan kembang api yang juga akan memeriahkan perayaan tahun baru di Ancol Taman Impian.

“Agar acara berjalan dengan lancar dan aman, kami juga bersinergi dengan berbagai pihak, seperti dengan Polda Metro Jaya, BNPB, Kemenparekraf, PLN, dan juga antar OPD di Pemprov DKI. Di antaranya dengan menyiapkan pasukan keamanan dan kebersihan hingga ke tingkat wilayah kota,“ ujar Andhika.

Untuk kenyamanan warga Jakarta, pengunjung diimbau untuk menggunakan transportasi umum. Jam operasional Transjakarta dan MRT akan diperpanjang hingga pukul 02.00 WIB saat malam pergantian tahun baru.

Bagi warga yang membawa kendaraan pribadi diimbau untuk parkir pada lokasi parkir yang tersedia untuk tetap menjaga kenyamanan dan ketertiban selama penyelenggaran malam tahun baru.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi di mana menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada pergantian tahun ini.

Leave a Reply