Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Di Belgia Rambut Manusia Didaur Ulang untuk Melindungi Lingkungan

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Para hair stylist di seluruh Belgia menyapu dan mengantongi potongan rambut dari pelanggan mereka kemudian menyerahkannya ke sebuah LSM yang mendaur ulangnya untuk melindungi lingkungan.

Proyek Daur Ulang Rambut akan memasukkan rambut ke dalam mesin yang mengubahnya menjadi kotak kusut semacam keset yang dapat digunakan untuk menyerap minyak dan hidrokarbon lain yang mencemari lingkungan, atau dibuat menjadi kantong bio-komposit.

Pendiri proyek, Patrick Janssen, menjelaskan bahwa 1 kilogram rambut dapat menyerap 7-8 liter minyak dan hidrokarbon.

Keset atau karpet rambut tersebut dapat ditempatkan di saluran air untuk menyerap polusi dalam air sebelum mencapai sungai.

“Produk kami lebih etis karena diproduksi secara lokal … tidak diimpor dari sisi lain planet ini,” katanya kepada Reuters. “Mereka dibuat di sini untuk menangani masalah lokal.”

Proyek tersebut mengatakan di situs webnya bahwa rambut memiliki sifat yang kuat: satu helai dapat menopang hingga 10 juta kali beratnya sendiri, dan selain menyerap lemak serta hidrokarbon, rambut bisa larut dalam air dan sangat elastis karena serat keratinnya.

Baca juga: Wanita Ini Ciptakan Topi Kemo Anti Rambut Rontok untuk Penderita Kanker

Isabelle Voulkidis, manajer salon Helyode di Brussel, adalah salah satu dari puluhan penata rambut di seluruh negeri yang membayar sedikit biaya untuk mengumpulkan potongan rambut mereka.

“Apa yang memotivasi saya, secara pribadi, adalah bahwa saya merasa malu rambut saat ini dibuang begitu saja ke tempat sampah, padahal saya tahu begitu banyak yang bisa dilakukan dengan itu,” katanya, sambil menyisir dan memotong salah satu rambut pelanggannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply