Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Alasan Januari Jadi Waktu yang Tepat untuk Cari Kerjaan Baru

Ilustrasi. Sumber foto: searchenginelandIlustrasi. Sumber foto: searchengineland

Topcareer.id – Apakah salah satu resolusi tahun barumu adalah mendapat pekerjaan baru? Kamu tidak sendiri. Tujuan karier sering jadi bahan refleksi dan resolusi yang dipertimbangkan banyak orang.

Data yang diberikan kepada CNBC’s Make It by platform pekerjaan Indeed, menunjukkan bahwa pencarian pekerjaan lebih tinggi di bulan Januari dan hari tersibuk bagi mereka sering kali jatuh di minggu pertama setiap bulan.

“Aktivitas perekrut tertinggal di minggu-minggu sebelumnya, sebelum mencapai level tinggi di akhir Januari dan memasuki Februari,” kata Ekonom Indeed dari Inggris Jack Kennedy.

Lebih banyak kompetisi dan ancaman PHK

Data Indeed menunjukkan bahwa cenderung ada lebih sedikit pekerjaan yang tersedia di awal tahun ketika lebih banyak orang ingin beralih profesi.

Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi bagi pencari kerja seperti menghadapi persaingan yang lebih ketat atau tanggapan yang tertunda dari calon pemberi kerja.

Apalagi tahun ini, ada juga faktor ekonomi yang menjadi pertimbangan. Selama beberapa bulan terakhir, PHK telah meningkat – minggu lalu, Amazon mengatakan akan memangkas lebih dari 18.000 pekerjaan.

Dengan ancaman resesi di beberapa negara, banyak perusahaan juga akan mengalami pembekuan perekrutan atau terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja. Oleh karena itu, gagasan “masuk pertama, keluar pertama” juga mengkhawatirkan beberapa calon karyawan.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Memperlambat Dan ‘Istirahat’ Kerja

Haruskah pencari kerja menunda pencarian mereka?

Namun, semua ini tidak berarti kamu harus menyerah dalam mencari pekerjaan, kata para ahli.

“Mereka yang memulai pencarian kerja pada bulan Januari tidak boleh berkecil hati dengan awal yang lambat,” kata Kennedy, menambahkan bahwa memulai pencarian kerjamu lebih awal bahkan dapat memberimu keuntungan.

“Pemberi kerja dan perekrut yang mampu bergerak cepat karenanya dapat mencuri perhatian pesaing,” jelasnya.

Terlepas dari ketidakpastian ekonomi yang sedang berlangsung, situasi saat ini tidak sepenuhnya suram bagi pencari kerja, menurut Kris Harris, arahan regional di Robert Half.

“Sementara resesi secara alami akan ada di benak semua orang saat ini, saya tidak akan membiarkan hal itu membuatmu berhenti mengeksplorasi peluang baru. Ini adalah resesi yang tiada duanya di mana tingkat ketenagakerjaan masih relatif tinggi dan permintaan akan karyawan yang baik masih kuat,” kata dia.

Selain itu, pasar tenaga kerja masih belum pulih dari pandemi Covid-19, dan oleh karena itu dalam banyak kasus masih ada lebih banyak pekerjaan daripada pencari kerja.

Gaelle Blake, Head of Permanent Appointments di perusahaan rekrutmen Hays, mengatakan, dengan campuran tahun baru memberikan motivasi baru, lonjakan pencari kerja dan ketidakpastian ekonomi, mempertimbangkan pilihanmu dengan hati-hati dan memikirkan apa yang ada di depan adalah kuncinya.

“Pertimbangkan apakah kamu bisa maju dalam peran kerjamu saat ini, atau jika diperlukan ambil perubahan,” katanya.

Leave a Reply