Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Pengin Cepat Kerja? 8 Jurusan Ini Paling Banyak Dicari Perusahaan

Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)

Topcareer.id – Salah satu pertimbangan saat memilih jurusan kuliah adalah, apakah jurusan tersebut punya peluang kerja yang besar dan seberapa banyak dicari oleh perusahaan. Tentu tujuannya agar setelah lulus kuliah bisa langsung siap kerja dan memperoleh peluang itu dengan cepat.

Melansir laman STBA LIA, berikut beberapa jurusan yang banyak dicari di dunia kerja yang mungkin akan kamu minati:

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang patut untuk kamu pilih karena nantinya akan banyak dicari setelah kamu lulus karena industri kesehatan menjadi industri yang sangat penting.

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain bisa membuka praktik, kamu juga bisa membuka layanan konsultasi online. Setelah mendapati gelar dokter, kamu juga dapat melanjutkannya kembali sekolah kedokteran dengan mengambil spesialisasi dibidang tertentu sesuai dengan minatmu.

2. Akuntansi dan keuangan

Salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja adalah lulusan jurusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan. Peluang karier lulusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

3. Sastra atau bahasa asing

Kini banyak perusahaan yang secara spesifik membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus dalam merekrut karyawannya. Hal inilah yang membuat jurusan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa Jepang masuk ke dalam jurusan yang banyak dicari di dunia kerja nantinya.

Prospek pekerjaan yang bisa diambil jurusan ini tidak hanya sekedar penerjemah, tapi juga bisa menjadi jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik. Menarik bukan?

4. Teknik informatika

Ilmu komputer dan teknik informasi belakangan memang menjadi jurusan yang cukup primadona, karena semakin banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini. Peluang kerja lulusan jurusan informatika di era teknologi seperti sekarang ini cukup banyak, mulai dari programmer, web developer, hingga software developer.

Baca juga: Alasan Januari Jadi Waktu Yang Tepat Untuk Cari Kerjaan Baru

5. Psikologi

Jurusan yang banyak dicari di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan psikologi. Seperti yang diketahui, kini jasa psikolog makin dibutuhkan karena makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental.

Lulusan psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, memecahkan masalah, mengelola data, melakukan asesmen, dan mengelola empati. Peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekedar menjadi psikolog, tapi juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

6. DKV atau Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini mengajari berbagai macam hal mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, hingga animasi. Mahasiswa lulusan DKV harus bisa mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif, dan komunikatif melalui media yang ada.

Prospek kerja lulusan DKV antara lain web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, hingga animator.

7. Arsitektur

Jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan di industri kreatif. Lulusan arsitektur biasanya dicari sebagai desainer spasial dan interior, perencanaan wilayah, desainer set di industri hiburan, surveyor bangunan hingga peninjau bangunan bersejarah.

8. Manajemen dan bisnis

Hingga sekarang, jurusan manajemen dan bisnis memiliki peluang kerja yang bagus, apalagi dunia bisnis kini terus mengalami perkembangan. Pasalnya, jurusan ini mempersiapkan lulusannya untuk pandai dalam mengatur jalannya bisnis, baik itu yang dirintis sendiri ataupun perusahaan di tempatnya bekerja.

Jurusan ini terbilang mudah untuk diaplikasikan ke semua lini pekerjaan, baik itu di sektor ritel, logistik, trading, distribusi, jasa, hingga industri e-commerce yang sedang berkembang.

Leave a Reply