Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Beberapa Peregangan yang Tepat Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur. (iStock)Ilustrasi bangun tidur. (iStock)

Topcareer.id – Kita sering terbangun dengan otot kaku dan persendian kaku, yang memicu respons otomatis untuk melakukan peregangan. Tapi apa pemanasan terbaik untuk dilakukan langsung setelah bangun tidur?

Menurut Harvard, ada serangkaian latihan tertentu yang harus kamua lakukan untuk memastikan tubuhmu siap menghadapi tantangan hari ini.

Manfaat peregangan

Menurut Dr. Beth Frates dari Harvard Health, ini lebih dari sekadar kepuasan fisik karena merasa kaku di bagian punggung atau leher.

“Peregangan sebelum bangun dari tempat tidur dapat membantu membangunkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi. Itu juga dapat mengaktifkan sistem parasimpatis – sistem ‘istirahat dan mencerna’ – yang membuat kita dalam keadaan lebih rileks tepat ketika kita bangun dari tempat tidur, membantu mengatur nada untuk pagi dan siang yang tenang,” kata Frates, mengutip Ladders.

Pemanasan

Mirip dengan sebelum kamu mulai berolahraga, penting juga untuk melakukan pemanasan. Lakukan beberapa gerakan bahu yang sederhana, melihat dari kiri ke kanan dan meregangkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah adalah pemanasan sederhana, menurut Frates.

Peregangan seluruh tubuh

Harvard Health menyatakan bahwa peregangan seluruh tubuh dengan resistance band adalah cara yang baik untuk memulai rutinitas peregangan. Frates merekomendasikan menggunakan resistance band untuk menarik di atas kepalamu.

Baca juga: Bahaya Tidur Lebih Dari 9 Jam

Kemudian, berbaring telentang, rentangkan kedua kaki dan pegang tali sejauh bahu. Letakkan tangan di pinggul dan angkat tali di atas kepala dan turun ke arah tempat tidur.

Kamu juga bisa melakukan latihan ini tanpa resistance band. Jika memilih untuk melepaskan pita resistansi, kamu dapat mengatupkan jari dan mendorong telapak tangan ke luar. “Ini melepaskan keketatan di seluruh tubuh, yang cenderung menumpuk selama tidur,” kata guru yoga Randi Ragan Prevention.

Peregangan lutut

Melumasi sendi dan meregangkan otot di kaki penting dilakukan sebelum bangun dari tempat tidur. Itulah mengapa Harvard Health merekomendasikan tarik lutut tunggal. Sederhana – berbaring telentang dan tarik satu lutut ke arah dada. Lenturkan kaki ke atas dan ke bawah, lalu ganti.

SleepHappens.com juga mencantumkan ini sebagai salah satu latihan teratas yang harus dilakukan setiap pagi. Mereka menyarankan sedikit modifikasi, di mana kamu dapat melingkarkan lengan di sekitar lutut dan menarik dengan lembut, menahan posisi tersebut setidaknya selama 20 detik.

Tinggalkan Balasan