Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bahaya Tidur Lebih dari 9 Jam

Kebiasaan tidur

Topcareer.id – Memiliki waktu tidur yang cukup akan sulit dicapai oleh beberapa orang. Mungkin kondisi pandemi ini membuat kita kurang memiliki waktu tidur berkualitas. Atau malah pandemi ini membuat orang tidur lebih banyak.

Bagi mereka yang mampu tidur lebih lama selama pandemi dibandingkan sebelumnya, ini adalah perkembangan yang mengganggu mengingat jam tidur yang diperpanjang dapat menggandakan risiko terkena demensia.

Sebuah studi oleh Boston University Medical Center pada tahun 2017 menemukan bahwa orang yang tidur sembilan jam atau lebih berisiko dua kali lipat terkena demensia dibandingkan dengan orang lain yang tidur kurang dari itu.

Demensia memengaruhi ingatan, pemikiran, dan kemampuan sosial yang dapat melemahkan dan menghambat aktivitas sehari-hari, menurut Mayo Clinic.

Gejala demensia termasuk kehilangan ingatan, kesulitan berbicara, kesulitan memecahkan masalah, kesulitan organisasi, dan perubahan kognitif lainnya. Secara psikologis, hal itu dapat menyebabkan depresi, kecemasan, bahkan perubahan kepribadian.

Studi yang muncul di jurnal Neurology itu, meneliti Framingham Heart Study yang menghitung total jam tidur 2.457 peserta selama 10 tahun. Di sana, mereka ingin melihat hubungan antara durasi tidur dan risiko demensia serta penuaan otak. Sebanyak 234 kasus demensia dilaporkan dalam 10 tahun tindak lanjut.

“Durasi tidur yang lama mungkin menjadi penanda degenerasi syaraf dini dan karenanya merupakan alat klinis yang berguna untuk mengidentifikasi mereka yang berisiko lebih tinggi berkembang menjadi demensia klinis dalam 10 tahun,” kata para peneliti dalam penelitian tersebut, mengutip The Ladders.

Baca juga: Warga Finlandia-Negara Paling Bahagia, Nggak Pernah Lakukan 3 Hal Ini

Sudha Seshadri, profesor neurologi di Boston University School of Medicine (BUSM) dan peneliti senior FHS, mengatakan pada saat itu bahwa pendidikan penting dalam perkembangan demensia.

“Peserta tanpa gelar sekolah menengah yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam memiliki risiko enam kali lipat terkena demensia dalam 10 tahun dibandingkan dengan peserta yang tidur lebih sedikit. Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi dapat melindungi dari demensia dengan adanya durasi tidur yang lama,” kata Seshadri.

Terlepas dari latar belakang pendidikan, ada baiknya berpikir dua kali (atau menyetel alarm lain) sebelum terlalu banyak tidur.

Covid dan risiko demensia

COVID-19 telah dikaitkan dengan penuaan otak hingga 10 tahun, tetapi studi terpisah yang diterbitkan oleh AARP menemukan bahwa efek negatif dari virus dapat membuat lonjakan kemungkinan dalam kasus “demensia dan penurunan kognitif” selama bertahun-tahun yang akan datang.

“Itu mungkin – saya bahkan mengatakan itu mungkin – bahwa memiliki COVID-19 akan meningkatkan risiko demensia,” kata Gabriel de Erausquin, MD, Profesor Neurologi di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio.

Leave a Reply