Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Berjaya di Awal Pandemi, Kini Zoom Ikutan PHK Massal 1.300 Karyawan

Zoom. Dok/NDTV Gadgets 360

Topcareer.id – Pada Selasa (7/2/2023), Zoom mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 1.300 karyawan atau sekitar 15 persen dari total staf. Bahkan tak hanya itu, Zoom juga melakukan pemotongan gaji signifikan terhadap para eksekutifnya.

Dalam sebuah memo kepada karyawan, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan PHK akan berdampak pada setiap bagian organisasi.

Yuan juga mengatakan dia dan eksekutif lainnya akan melakukan pemotongan gaji yang signifikan, setelah mengakui dia membuat “kesalahan” dalam seberapa cepat perusahaan tumbuh selama pandemi.

“Sebagai CEO dan pendiri Zoom, saya bertanggung jawab atas kesalahan ini dan tindakan yang kami ambil hari ini– dan saya ingin menunjukkan tanggung jawab tidak hanya dalam kata-kata tetapi juga dalam tindakan saya sendiri,” tulis dia, dikutip dari laman CNN.

“Untuk itu, saya mengurangi gaji saya untuk tahun fiskal yang akan datang sebesar 98% dan melepaskan bonus perusahaan FY23 saya.”

Yuan mengatakan anggota tim kepemimpinan eksekutif akan mengurangi gaji pokok mereka sebesar 20% untuk tahun fiskal mendatang dan kehilangan bonus tahun fiskal 2023 mereka.

Zoom, laris manis di awal pandemi, karena banyak yang beralih ke platformnya untuk melakukan obrolan video dengan teman dan kolega selama penguncian.

Baca juga: Hong Kong Bagi-Bagi 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis

Pada pertengahan 2020, Zoom melaporkan pendapatan yang meroket didorong oleh lonjakan pelanggan bisnis dari banyak perusahaan yang terpaksa beralih ke pekerjaan jarak jauh.

Yuan mengatakan perusahaan menambah staf “dengan cepat” selama hari-hari awal pandemi untuk mendukung lonjakan permintaan karena banyak yang beralih ke platformnya untuk melakukan obrolan video dengan teman dan kolega.

“Dalam 24 bulan, Zoom tumbuh 3x lipat untuk mengelola permintaan ini sekaligus memungkinkan inovasi berkelanjutan,” tulis Yuan.

Saham Zoom menurun secara signifikan tahun lalu, karena lebih banyak pekerja yang kembali ke kehidupan kantor.
Zoom bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengalami penurunan tajam. Sebagian besar Big Tech, yang juga tumbuh pesat selama pandemi, juga telah mengumumkan PHK.

Dan Selasa malam, eBay (EBAY) mengatakan dalam pengajuan peraturan bahwa mereka akan memangkas sekitar 500 pekerjaan secara global – sekitar 4% dari basis karyawannya – selama 24 jam ke depan.

Leave a Reply