Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Pekerjaan Ini Sering Diisi oleh Psikopat

Tipe bos berengsek

Topcareer.id – Meskipun psikopati dikaitkan dengan kecerdasan dalam pekerjaan dan bisnis, tapi ini hampir sama terkait dengan patologi kriminal. Studi baru mengungkapkan adanya perbedaan psikopat yang sukses (mereka mencapai kekayaan) dan psikopat tak berhasil (mereka dipenjara), serta profesi apa yang biasa mereka lakoni.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal, Personality Disorders: Theory, Research, and Treatment, peneliti dari Virginia Commonwealth University menetapkan bahwa psikopat yang sukses dan psikopat yang tidak berhasil dibedakan oleh kemampuan mereka untuk menyamarkan taktik mementingkan diri sendiri sebagai pesona dan stabilitas.

Mereka yang tergabung dalam kelompok pertama diposisikan secara unik di mana mereka membatasi dorongan-dorongan yang merusak (impulsive) dibandingkan dengan lainnya. Sementara, psikopat yang tidak berhasil, lebih sering menyerah pada dorongan hati mereka dibandingkan dengan psikopat yang sukses dan masyarakat umum.

“Ada alasan bagus bahwa dimensi sifat yang paling kuat yang mendasari perkembangan psikopat ‘sukses’ adalah kesadaran. Kesadaran mengacu pada kumpulan ciri-ciri psikologis yang diatur di sekitar tema perencanaan untuk masa depan, diarahkan pada tujuan, mengikuti aturan, disiplin diri, dan menunda kepuasan,” tulis dalam makalah baru, mengutip Ladders.

“Ciri inti dari kesadaran adalah pengendalian penghambatan, di mana individu dapat menahan impuls prepoten mereka. Kemampuan ini dapat membantu dalam penghambatan dorongan antisosial yang lazim di antara individu dengan psikopati tinggi.”

Keberanian, yang didefinisikan sebagai pengambilan risiko fisik dan ketahanan emosional, sering disebut sebagai prediktor gangguan sosial. Sifat yang sama dikaitkan dengan karier yang dianggap diinginkan dalam masyarakat. Karier seperti politik, bisnis, penegakan hukum, pemadam kebakaran, dinas militer, dan olahraga berisiko tinggi.

Baca juga: Mau Kerja Di Kapal Pesiar Gaji Dollar? Ini Yang Perlu Kamu Persiapkan

“Mungkin ketenangan sosial, karisma, keberanian, petualangan, dan ketangguhan emosional mereka membuat mereka lebih unggul daripada kita semua dalam hal pengaturan berisiko tinggi,” tulis para peneliti dari Universitas Emory dalam sebuah makalah baru-baru ini.

Individu psikopat mungkin lebih cenderung terlibat dalam perilaku anti-sosial tetapi mereka juga mungkin lebih cenderung memanfaatkannya untuk mencapai kesuksesan pekerjaan.

Dalam beberapa psikopat sejati, keengganan terhadap dinamika interpersonal mendorong mereka untuk mengembangkan kepribadian yang suka berteman dalam mengejar keinginan mereka.

Menurut Kevin Dutton, seorang psikolog Inggris yang berspesialisasi dalam studi psikopati, lima pekerjaan teratas yang dipuja oleh psikopat adalah perwakilan penjualan, media kepribadian, pengacara, CEO, ahli bedah, diikuti oleh jurnalis, petugas polisi, pendeta, koki, dan pegawai negeri.

Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan oleh asosiasi untuk ilmu psikologi menemukan bahwa tiga dari empat profesor psikologi klinikal menggambarkan kolega saat ini atau di masa lalu sebagai psikopat.

Leave a Reply