Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pertanyaan Paling Cerdas untuk Ditanyakan dalam Wawancara Kerja

Ilustrasi interview yang bertanya "Berapa gaji yang diinginkan?"Interview kerja. (Pexels)

Topcareer.id – Dalam wawancara kerja, pertanyaan yang kamu ajukan sama pentingnya dengan jawaban yang kamu berikan. Jadi, mengajukan pertanyaan cerdas dan bijaksana di akhir wawancara bisa membantumu menonjol dari kandidat lain dan memutuskan apakah posisi itu cocok untukmu.

CEO perusahaan kepegawaian Insight Global, Bert Bean menyampaikan bahwa ada satu pertanyaan, khususnya, yang langsung menuju inti dari apa yang dicari oleh manajer perekrutan – dan akan “langsung membuat mereka terkesan” jika kamu menanyakannya.

“Saya ingin memastikan bahwa saya menyelaraskan diri dengan hal-hal yang membawa kesuksesan di perusahaan ini. Apa tiga ciri teratas yang ditampilkan oleh karyawan terbaik Anda, hari demi hari, di perusahaan ini?”

Bean telah mewawancarai ratusan kandidat pekerja sepanjang kariernya sebagai perekrut yang berubah menjadi CEO. Menurut dia, dengan pertanyaan ini, kamu menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa kamu teliti dan termotivasi.

“Dengan menanyakan seperti apa kesuksesan dalam tim atau perusahaan, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang giat, dan seseorang yang ingin mempelajari keterampilan akan membantu kamu unggul dalam suatu peran,” kata Bean, dikutip CNBC Make It.

Baca juga: Ini Yang Dimaksud Keterampilan Interpersonal Dan Contohnya

Dengan pertanyaan ini, kamu juga akan lebih memahami kurva pembelajaran seperti apa yang akan kamu hadapi dan bagaimana kinerjamu akan dievaluasi.

Bean melanjutkan dengan sarannya, yakni di akhir wawancara, setelah kamu menyelesaikan semua pertanyaanmu, kamu harus mengakhiri percakapan dengan elevator pitch 30 detik yang menjelaskan kepada manajer perekrutan tentang mengapa kamu sangat cocok untuk peran tersebut.

Dia merekomendasikan skrip berikut untuk memperkenalkan pitch kamu:

“Saya tidak punya pertanyaan lain, tetapi jika saya bisa mengatakan ini dengan rendah hati, inilah mengapa Anda harus mempekerjakan saya.”

Taktik ini sangat efektif, Bean menjelaskan, karena sampai pada inti dari apa yang ingin diketahui oleh setiap pewawancara: Apakah kamu orang terbaik untuk pekerjaan ini?

Pada akhirnya, rahasia untuk memenangkan wawancara kerja apa pun itu sederhana, dia menambahkan: “Kamu harus menjual diri kamu dari hati.”

Leave a Reply