Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Melalui Riset Pasar

Ilustrasi pebisnis.Ilustrasi pebisnis.

Topcareer.id – Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Ninja Xpress dan Nona Woman, salah satu UKM yang menjual keperluan wanita dalam menjaga kesehatan reproduksi dan juga dimiliki oleh perempuan Indonesia menilai pentingnya riset pasar untuk memaksimalkan omset sebuah perusahaan.

Berangkat dari semangat menyuarakan periode poverty bagi wanita Indonesia, Nona Woman melalui blog Ninja Xpress membagikan tips mengenai keberhasilan Nona Woman untuk memasarkan produknya dengan melakukan riset pasar yang mendalam.

Dari survei Google bersama Kantar menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia sebanyak 49% telah berwirausaha. Saat ini, sebanyak 37 juta UKM dari total 64,2 pelaku usaha di Indonesia dikelola oleh perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa peran perempuan memiliki peran yang cukup signifikan dalam keputusan bisnisnya serta omset yang didapatkan.

Nicole Jihzar, pendiri Nona Woman, berbagi tips berdasarkan pengalamannya dalam membangun Nona Woman, bagi para pengusaha untuk sukses menjalankan bisnisnya melalui riset pasar:

1. Melakukan Edukasi Produk dan Brand

Untuk dapat melakukan edukasi mengenai produk dan brand, Anda harus mengetahui apa kekuatan dari produk yang Anda pasarkan. Selain itu, Anda dapat berangkat dari stigma yang ada dalam masyarakat mengenai suatu masalah dan bagaimana produk Anda dapat menjadi alternatif untuk menjawab stigma yang ada.

2. Melakukan Survei Lapangan dan Fokus pada Tujuan

Untuk mengetahui seberapa penting produk Anda dibutuhkan, hal yang Anda dapat lakukan adalah melakukan pengecekan langsung dengan melakukan survei. Dimulai dari pertanyaan seputar apa yang dibutuhkan target konsumen Anda bisa melakukan survei dengan beberapa narasumber dengan kriteria yang sama dengan target audience Anda.

Baca juga: Keahlian Marketing Ini Sangat Dibutuhkan, Bayarannya Bisa Rp1,9 Juta Per Jam

3. Riset Produk Kompetitor

Hal lainnya yang perlu dilakukan secara berkala adalah melakukan riset kompetitor. Riset ini dapat dilakukan dengan melihat bisnis kompetitor yang sudah masuk ke dalam industri yang sama lebih dulu. Beberapa hal yang dapat di riset adalah bagaimana produknya bekerja, apa yang perlu ditingkatkan, dan lain sebagainya.

Riset ini dapat dilakukan dengan membandingkan produk serupa baik di dalam negeri maupub produk yang ada di luar negeri untuk mengadopsi standar pasar luar negeri ke dalam produk yang sesuai dengan tujuan awal Anda saat membuat produk ini.

4. Melakukan Riset Konten dan Meningkatkan Visibilitas Produk

Setelah melakukan beberapa riset mengenai produk, hal utama lainnya yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan visibilitas produk dan brand. Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan konten-konten menarik dan informatif.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mempelajari informasi apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana konten yang diperlukan. Jika Anda kesulitan memvisualisasikan konten secara profesional, Anda dapat menggunakan layanan Creative Business Solution dari Ninja Xpress.

Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas brand, Anda juga dapat melakukan interaksi di media sosial dengan komunitas lewat konten-konten, menyediakan forum agar pengguna bisa berinteraksi satu sama lain dan memberikan rekomendasi produk dan sebagainya.

5. Pelajari cara berbisnis melalui live selling

Berdasarkan Suara UKM Negeri vol 2 menunjukkan bahwa live selling menjadi salah satu tren e-commerce yang sedang berkembang. Untuk melakukan live selling, hal utama yang perlu Anda pahami adalah ketahui dimana audience Anda. Hal ini penting diketahui agar promosi yang Anda lakukan pada social commerce tepat sasaran.

Selain itu, saat melakukan live selling, setidaknya dibutuhkan dua penjual yang melakukan live menggunakan kamera profesional, teleprompter untuk menjaga kontak mata dengan penonton, serta kru di belakang layar yang memonitor dan melakukan kurasi komentar yang masuk dari penontonnya.

Leave a Reply