Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Buat Cewek, Jangan Lakuin 3 Kesalahan Umum Ini Saat Meeting Kerja

Dok. Getty Images

Topcareer.id – Rapat bisa sangat melelahkan. Apalagi jika dalam sehari bisa keluar masuk rapat sampai tiga kali. Jika sudah begini, kadang sulit untuk menangani diri sendiri dalam situasi tertentu. Ada beberapa kesalahan umum yang akhirnya dilakukan dalam kondisi rapat.

Khusus untuk wanita, berikut identifikasi 3 kesalahan umum yang sering dilakukan dalam rapat, dan apa yang harus dilakukan untuk memperkuat potensi kariermu, seperti dalam laman Ladders.

1. Meminta maaf

Masyarakat tidak diragukan lagi telah menempatkan wanita di tempat yang lebih sering untuk meminta maaf daripada pria. Setelah dewasa, sudah tertanam di kepala mereka untuk meminta maaf ketika sesuatu yang mereka lakukan menyinggung atau menyebabkan reaksi yang merugikan.

Namun meminta maaf menyindir bahwa kamu melakukan sesuatu yang salah, meskipun kamu hanya berkata seperti, “Maaf, tapi saya ada rapat yang harus saya hadiri.” Dalam rapat, kata “maaf” yang sederhana dapat menunjukkan bahwa kamu adalah pemimpin yang kurang kompeten atau tidak cakap.

Jika kamu salah satu dari mereka yang selalu meminta maaf, berusahalah untuk mengganti kata “maaf” dengan opsi lain. Atau, pilih saja untuk tidak menggantinya. Setiap orang harus berusaha menghapus kata itu dari kosakata sehari-hari mereka, terutama selama rapat.

2. Kalah dalam berbicara

Karena sebagian besar rapat bersifat virtual saat ini, penting untuk menilai lanskap digital juga. Musim gugur yang lalu, 45% pemimpin bisnis wanita mengakui bahwa sulit untuk menyampaikan pendapat dalam rapat virtual, khususnya dengan rekan pria mereka.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa wanita tidak hanya terlalu sering diabaikan oleh kolega di ruang kerja digital, tetapi potensi penghasilan dan pertumbuhan mereka tampaknya terpukul karena itu.

Baca juga: Mahasiswa Siap-Siap Dari Sekarang, Begini Tips Bikin CV Yang Menarik

Bahkan sebelum pandemi dimulai, Survei Wanita dalam Tenaga Kerja 2019 Lean.In.org menyampaikan bahwa 50% wanita dalam angkatan kerja pernah mengalami gangguan (interupsi) dalam rapat dan panggilan penting, dibandingkan dengan hanya 34% dari populasi pria.

Ketika beberapa orang akan terus berbicara, langkah selanjutnya adalah melanjutkan berbicara, tetapi pilih untuk menaikkan volume suaramu setiap kali seseorang tidak menghormati ruangmu untuk bicara. Ini adalah dorongan balik yang lebih agresif tetapi bisa sangat efektif.

Cara lain yang lebih tegas dan profesional untuk mendekati orang yang diinterupsi adalah dengan hanya mengatakan, “Maaf, tapi saya sedang berbicara.”

3. Keseringan membuat catatan ekstensif

Lain kali jika kamu berada dalam rapat dewan, rapat pitch, onboarding, atau sesi pendapat – sambil bertatap muka atau sebaliknya – lihat-lihat orang-orang di ruangan itu. Apakah para eksekutif tingkat atas khawatir tentang membuat catatan?

Apakah laki-laki lain di ruangan itu sedang menulis dengan cepat ke dalam buku catatan mereka atau sedang mengetik di komputer mereka? Penting diingat untuk selektif tentang catatan yang kamu buat dalam rapat, jika ada.

Beberapa wanita paling sukses adalah pendengar aktif. Menghadiri rapat dengan gangguan terbatas dan kemampuan untuk menatap mata presentemu bisa sangat meyakinkan mereka bahwa koneksi yang layak sedang dibuat, dan bahwa kolega mereka telah mendengar dan memahami mereka. Biarkan orang yang ditunjuk untuk membuat catatan rapat mengirimkan salinan notulen kepadamu setelah itu selesai.

Leave a Reply