Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mahasiswa Siap-Siap dari Sekarang, Begini Tips Bikin CV yang Menarik

CV Maker Online.CV Maker Online.

Topcareer.id – Persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat. Tentu untuk bisa bersaing dengan banyak pelamar, kamu membutuhkan kreativitas dalam membuat CV lamaran kerja yang menarik perekrut.

Untuk kamu yang masih di bangku perkuliahan, masih ada waktu untuk menyiapkan CV lamaran kerja yang kreatif dan menarik sebelum lulus kuliah.

Dosen Komunikasi Visual (DKV) UM Surabaya, Agus Budiman menyampaikan bahwa CV lamaran bukan hanya persoalan tatanan kalimat serta diksi yang tepat melainkan perlu komposisi yang kreatif dan menarik. Ia lantas memberikan sejumlah tips membuat CV yang menarik.

1. Tata bahasa dan diksi yang tepat

Ia mengatakan, dalam membangun sebuah kalimat yang komunikatif perlu menata diksi yang tepat sehingga informasi yang ingin disampaiakan pelamar pekerjaan bisa tersampaikan.

“Tentunya dalam pemilihan diksi yang tepat harus menyesuikan konteks situasi dan identitas lawan bicaranya dalam sebuah proses komunikasi, sehingga tidak ada kesalahpahaman komunikasi,” kata Budi dilansir laman resmi UM Surabaya, Selasa (14/3/2023).

2. Font jelas

Menurut Budi, memilih gaya font huruf yang tepat untuk berbagai kebutuhan sangatlah penting. Tentunya font memiliki kekuatan sendiri dalam menyampaikan sebuah komunikasi.

Bagi seorang desain grafis, kata dia, font merupakan inti dalam sebuah pesan komunikasi sehingga dalam memilih font seseorang tidak boleh asal, melainkan perlu melihat kebutuhan yang diinginkan. Kesalahan dalam memilih font bisa jadi pesan yang ingin disampikan bisa tidak tersampaikan.

3. Komposisi dan tata letak (layout)

Selain font, lanjut Budi, komposisi atau layout juga memiliki peran penting dalam membuat CV pekerjaan. Komposisi dapat dibuat melalui rasa dan selera, tentunya perlu jam terbang tinggi dan banyak referensi komposisi desain yang dilihat. Dengan banyaknya referensi pada desain maka komposisi yang dibuat akan terbangun dengan menarik.

Baca juga: 4 Tips Sukses Hadapi Interview Kerja Untuk Kaum Intovert

“Komposisi dan layout juga berkembang sesuai selera dan trend, apa yang dipikirkan orang dulu menarik, belum tentu sekarang menarik sehingga dalam merancang komposisi harus melihat trend dan pasar,” imbuh Budi lagi.

4. Warna

Pewarnaan dalam sebuah desain tentu menjadikan visual lebih hidup, menarik perhatian, membangun selera, bahkan mempengaruhi persepsi kita. Dalam melakukan warna pada desain CV, seseorang bisa mengacu pada konsep colour weels atau roda warna.

“Konsep roda warna untuk menghindari warna kontras atau warna yang terlalu mencolok, sehingga warna tidak menyatu. Sehingga bermain warna perlu insting dan selera yang tajam agar memunculkan warna yang kretaif,”katanya.

5. Gambar

Selain teks, gambar juga memiliki nilai dalam visual. Biasanya dalam CV, pelamar pekerjaan perlu mencantumkan foto dalam berkas lamaran kerja. Hal ini sebagai salah satu cara bagi pelamar untuk membangun personal branding.

“Gambar atau foto memiliki nilai rasa yang tinggi, karena dari gambar atau foto yang di cantumkan akan membangun persepsi bagi pembaca. Sehingga foto dapat membangun sebuah kepercayaan dan kredibilitas bagi pelamar,” pungkas Budi.

Leave a Reply